Peningkatan Keterampilan Membaca Teks News Item melalui Metode MPnT di Kelas XII IPA-3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Semester Gasal Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.14421/jpm.2018.32-04Keywords:
Keterampilan Membaca Teks Berita, Metode MPnTAbstract
Abstract
This study aims to (1) increase students’ skill in reading news item text; (2) increase student learning outcome in reading news item through ‘MPnT’ method. This research is a classroom action research. Data collection method used is observation and post-test. The hypothesis of this study is through ‘MPnT method’, students’ understanding in reading news item text will increase their learning outcomes. This study was conducted through 2 cycles of classroom action research in MAN 2 Sleman, Yogyakarta. Research subjects are 31 students of class XII Science 3. The study consists of four stages: planning, acting, observing, and reflecting. In the first stage, the teacher taught reading news item text through ‘MPn T method’in which students work together in matching vocabularies, arranging jumbled pictures and playing games in a team. In the second stage, based on the reflection, the teacher made some improvement to optimize the MPnT method in improving the understanding and student learning outcomes of reading news item text. The result showed that the teacher’s activity in applying MPnT method in reading news item text was very successful in the category of very good (93%), which is supported by the planning of teaching in the category of good (81%). There was 4,7% improvement in learning outcome, from 66,70% in the first cycle to the 82,90% in the second cycle.
Keywords: Reading Skill, News Item Text, MPnT Method
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca teks berita (News Item Text); (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca News Item Text melalui metode ‘MPnT’. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan post test. Hipotesis dari penelitian ini adalah melalui 'metode MPnT', pemahaman siswa dalam membaca teks berita akan meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus penelitian tindakan kelas di MAN 2 Sleman, Yogyakarta. Subyek penelitian adalah 31 siswa kelas XII IPA 3. Penelitian ini terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan (action), pengamatan, dan refleksi. Pada tahap pertama, guru mengajar membaca teks berita melalui 'metode MPn T' dimana siswa bekerja bersama dalam mencocokkan kosakata, menyusun gambar-gambar yang masih acak dan bermain game dalam tim. Pada tahap kedua, berdasarkan refleksi, guru melakukan beberapa perbaikan untuk mengoptimalkan metode MPnT dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa membaca teks News Item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam menerapkan metode MP n T dalam membaca teks berita sangat berhasil dalam kategori sangat baik (93%), yang didukung oleh perencanaan pengajaran dalam kategori baik (81%). Ada peningkatan 4,7% dalam hasil belajar, dari 66,70% pada siklus pertama ke 82,90% pada siklus kedua.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca Teks Berita, Metode MPnT
Downloads
References
Grauberg, Walter. 1997. The Elements of Foreign Language Teaching. Clevedon: Multilingual Matters, Ltd
Jeremy, Harmer, 2007, How to Teach English, England: Pearson Longman
Modul Pembelajaran kelas XII, 2018, Eksis
Nabila, Jihan, 2015. Strategi Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Diandra Creative
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert E., 2008. Cooperative Learning: Teori, riset dan praktik. Terj. Nurulita. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Solahudin, M., 2009. Kiat-Kiat Praktis Belajar Speaking, Yogyakarta: DIVA Press
Stone, Randi, 2013, Best Practices for Teaching Reading (Cara-cara Terbaik untuk Mengajar Reading yang Dilakukan oleh Guru-Guru Peraih Penghargaan). Jakarta: PT Indeks
Lessy, Zulkipli, M. Ag, M.S.W, Ph.D. 2014. Readings in Varied Perspectives Focus on Vocabularies and Grammar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar