Religiusitas Guru PAI: Upaya Peningkatan Disiplin Beribadah Siswa di SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro
DOI:
https://doi.org/10.14421/jpm.2021.61-14Keywords:
Religiosity of Islamic Education Teachers, Discipline of WorshipAbstract
PAI Teacher Religiosity: Efforts to Improve the Discipline of Student Worship at Al Azhar 3 Bintaro Islamic Junior High School.
The purpose of this study was to determine the role of PAI teacher religiosity in an effort to increase the discipline of student worship at SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro. Sources of data in this study were school heads, Islamic education teachers, and students. The technique of collecting data was done by means of interviews, observation, and documentation. The data obtained were analyzed using four steps, namely data collection, data reduction, data presentation, and verification or drawing conclusions. The results of this study indicate that the religiosity of PAI teachers at SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro plays a role in increasing student discipline in worship characterized by congregational prayer, tahfdiz Quran, and tadarus which are routinely carried out properly and correctly. The application of PAI teacher religiosity in an effort to increase the discipline of student worship by providing motivation and exemplary.
Downloads
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agam Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1).
Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. PT Remaja Rosdakarya.
Anton, O., dkk. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1).
Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi . EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).
Fauzan, I. T. (2012). Pengaruh Religiusitas Dan Etika Kerja Islami Terhadap Motivasi Kerja. Jurnal Modernisasi, 8(3).
Hafiedh Hasan. (2017). Internalisasi Religius Dalam Kompetensi Guru Agama Islam. Jurnal Ilmiah Madaniyah, 7(2)
Hary, O. :, & Sanusi, P. (2013). Peran Guru Pai Dalam Pengembangan Nuansa Religius Di Sekolah, Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta'lim, 11(2).
Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pers.
Huberman, A. M. & M. B. M. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. London: Sage Publications, Inc.
Hutagalung, dkk. (2020). Peran Religiusitas, Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Mediasi Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Guru. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).
Indarmawan, A., dkk. (2014). Upaya Peningkatan Disiplin Ibadah Bagi Murid Madrasah (Studi Deskriptif di Madrrsah Dīniyah Takmiliyah Awalilah Miftahussalam Kota Tegal). Tarbawy, 1(1).
Ismail, W. (2009). Analisis Komparatif Perbedaan Tingkat Religiusitas Siswa Di Lembaga Pendidikan Pesantren, Man, Dan Smun. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1).
Juhji. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Studia didaktika Jurna Ilmiah Pendidikan, 10(01).
Marzuki, R. P. dan. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).
Moch. Yasyakur. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05.
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana.
Muslikhin. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai- Nilai Islam Berbasis Multikultural.Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2).
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.
Prasanti, D., & Fuady, I. (2018). Pemanfaatan Media Komunikasi Dalam Penyebaran Informasi Kesehatan Kepada Masyarakat. Reformasi, 8(1).
Pritandhari, M. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro,5(1).
Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Ramdhani, S., dkk. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Sesmiarni, Z. (2017). Membendung Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan Melalui Pendekatan Brain Based Learning. Kalam, 9(2).
Setyo Boedi Oetomo, dkk. (2018). Urgensi Diklat PTK, KTI, dan TIK bagi Guru PAI SMA/SMK untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja. Policy Brief, 4(2).
Sodikin, R. A. (2003). Konsep Agama dan Islam. Al Qalam, 20(97).
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1).
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi, 16(2).
Sutra, O. (2019). Problematika Kedisiplinan Beribadah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Bengkulu.
Thohir, M. (2016). Upaya Peningkatan Disiplin Ibadah Melalui Pembiasaan Salat Jamaah Di Masjid Pada Siswa Di Sdit Darul-Fikri Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan 1(2)
Unayah, N., & Sabarisman, M. (2015). Fenomena Kenakalan Remaja Dan Kriminalitas: The Phenomenon Of Juvenile Delinquency And Criminality. Sosio Informa, 2(2).