Free Inquiry Methods: Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Gondang, Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-05Keywords:
Free Inquiry methods, history and local culture of IndonesiaAbstract
This research aims to improve the creativity and interest of learning students of SMA Negeri 1 Gondang, Bojonegoro, school year 2019/2020. Learning activities using the Free Inquiry method is devoted to the subjects of Indonesian history on the material acculturation of Hindu-Buddhist culture and local culture in Indonesia in grade X students IPS-2. This research uses the method of research actions in two cycles, with qualitative descriptive data analysis. The results showed that the implementation of the free inquiry method can improve the student's creativity and spirit in learning the history and culture of Indonesia in realizing the religious moderation attitude.
Downloads
References
Hasan, Hamid S. 1997. “Kurikulum dan Buku Teks Sejarah” Kongres Nasional Sejarah 1996 Jakarta, “Perkembangan Teori dan Metodologi dan Orientasi Pendidikan Sejarah.” Jakarta: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hizam, Ibnu. 2007. “Kontribusi Minat Belajar dan Kemampuan Klarifikasi Nilai Sejarah dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme” Jurnal Penelitian Keislaman, Vol. 3, No. 2, Juni 2007.
Krug, Mark. M. 1967. History and the Social Sciences. Walthan Mass: Braisdell
Lightman, Alan J. and Valerie French. 1978. Historians and The Living Past, The Theory and Practice of Historical Study. Arlington Heights: Harlan Davidson.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Priyadi, Sugeng. 2012. Sejarah Lokal Konsep, Metode dan Tantangannya. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Purnamasari, Iin dan Wasino, “Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal di SMA Negeri Kabupaten Temanggung”, Paramita, Vol. 21, No. 2, Juli 2011: 202-212
Putri, Anggarita Meylinda. Mahardika, I Ketut, dan Nuriman, “Model Pembelajaran Free Inquiry (Inkuiri Bebas) dalam Pembelajaran Multirepresentasi Fisika di MAN 2 Jember,” Lecturer Scientific Publication, Repository Universitas Jember, 2013
Sukmadinata, Nana Saodih dan Muhammad Surya. 1978. Pengantar Psikologi. Bandung: IKIP Bandung.
Supardi. 2006. “Pendidikan Sejarah Lokal Dalam Konteks Multikultu-ralisme”. Cakrawala Pendidikan, Th. XXV, No. 1, Februari 2006: 117-137. FIS Universitas Negeri Yogyakarta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Widja, I Gde. 1989. Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.
Winkel. W., 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Yulia Siska, “Hubungan Minat Belajar dengan Pemahaman Sejarah Lokal Lampung pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Bandar Lampung” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 4, Nomor 2, Oktober 2017: 171-180