Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik di MI Muhammadiyah Grubug Nanggulan Kulon Progo

Authors

  • Juminta MI Grubug

DOI:

https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-16

Keywords:

Teacher Competency, Syllabus and RPP, Academic Supervision

Abstract

This research aims to improve the competence of MI teacher Muhammadiyah Grubug in compiling syllabus and RPP. This research is an action study through academic supervision activities. The subject of the study was MI teacher Muhammadiyah Grubug. The research was conducted in two cycles covering observation and discussion activities. The results showed that in cycle I the improvement in teacher competency reached 22% and increased to 67% in cycle II. Academic supervision activities can significantly improve the ability of MI Muhammadiyah Grubug teachers in compiling syllabuses and RPP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta.

____________________ 2006. Penelitian Tindakan, Jakarta: Bumi Aksara.

Asf, Jasmani., dkk., 2017, Supervisi Pendidikan, Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru, Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Departemen Agama RI, 2003, Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Dirjen Bagais Ditmapenda

Faisal, Sanapiah, 1990, Penelitian Kualitatif dasar-dasar dan aplikasi, Malang: YA3 Malang.

Fathurrohman, Pupuh (dkk), 2015, Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Proses Pengajaran, Bandung: Refika Aditama

Kemdikbud, 2016, Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Dirjen Dikdas dan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Moleong, Lexi J., 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Agama No 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses.

Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008 tentang Guru

Sumarni, Sri, 2012, Modul Kebijakan Pengembangan Profesi Guru dalam Kumpulan Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) untuk Guru MI tahun 2012, Yogyakarta: LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Syah, Muhibbin, 2011, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya

Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen

Wakingah, “Teknik Supervisi Individual: Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan RPP di Kota Yogyakarta,” Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 2, November 2018: 345-357

Warso, A. W. (2018). Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Cara Menghitung Angka Kreditnya. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Downloads

Published

2020-11-23