Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasi dengan Menggunakan Media Poster di MTs Negeri 4 Bantul

Authors

  • Suratmi MTs Negeri 4 Bantul

DOI:

https://doi.org/10.14421/jpm.2023.51-56

Keywords:

Persuasion text writing skills, Poster

Abstract

This study aims to improve the ability to write persuasion texts using poster media. This study used action research methods carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, execution, observation, and reflection. Data collection techniques use written tests, observations, field notes, and photo documentation. The research instrument uses observation sheets, persuasion text writing skills assessment sheets and photo documentation. The subject of the study was a student of grade VIII.D MTs Negeri 4 Bantul Even Semester of the 2021/2022 Academic Year. The results showed that learning using poster media can increase students' activeness and skills in writing persuasion texts, both in terms of process and product. This can be seen in the results of the persuasion text writing test from the pre-action stage to cycle II increased from 46% to 85%. Poster media is one of the writing learning media that can increase the activeness and skills of students writing persuasion texts.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astari, Ika Sari. (2009). Peningkatan Keterampilan Menulis paragraf Persuasif Berdasarkan Iklan di Media Cetak dengan Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio Pada Siswa Kelas XE SMA 8 Semarang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Badriah, I.N., Saefuddin, A., & Muhamadi, S.I. (2021). Penerapan Media Poster untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(1).

Hidayah, Nailil. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasif Dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Learning Community Melalui Media Brosur Pada Siswa Kelas X MA Sunan Muria Pati. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

How To Tekno. 2022. “Cara Membuat Daftar Gambar dan tabel Secara Otomatis” Diunduh pada 30 April 2022. https://kumparan.com/how-to-tekno/cara-membuat-daftar-gambar-dan-tabel-secara-otomatis-1xQYMaSTxcR.

Mokhammad. (2018). “Jenis-jenis Media Pembelajaran Menurut Para ahli dan Contohnya” Diunduh pada 22 Maret 2022 https://www.haruspintar.com/jenis-jenis-media-pembelajaran/.

Nugroho, Fauzan Tri. (2022). Kumpulan Contoh Teks Persuasif Singkat Lengkap Beserta Strukturnya. Diunduh pada 15 April 2022. https://www.bola.com > ragam

Semi. M. Atar. (1995). Dasar-Dasar Keterampilan. Bandung: Mugantara.

Suratmi. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Pembelajaran dengan Metode Mind Map pada siswa kelas VII F MTs Negeri 4 bantul Semester gasal tahun Pelajaran 2019/2020. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Tidak diterbitkan.

Tarigan. Henri Guntur. (1982). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tululi, Imran. (2021). “6 Macam-macam Media Pembelajaran Serta Contohnya, Tingkatkan Semangat Belajar Siswa” Diunduh 22 Maret 2022. http://www.imrantululi.net > detail.

Wasito. (2020). “KI dan KD Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7,8, dan 9 Kurikulum Darurat”, Diunduh Januari 2022. http://www.wasito.info>2020/11.

Yesika Purba, Ester. (2019). Peningkatan Menulis Teks Persuasi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Sastra Indonesia, 8(1).

Downloads

Published

2023-05-19