Pengembangan Modul Kimia Android Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Pada Materi Laju Reaksi
DOI:
https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i2.32Keywords:
modul kimia android, penilaian kualitas, hasil evaluasi, respon siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia android sebagai media pembelajaran mandiri pada materi laju reaksi yang berkualitas baik, efektif, dan ideal digunakan. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan mengadaptasi model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan desiminate. Hasil penelitian menunjukkan (1) penilaian kualitas mendapat kategori baik dari ahli media dan kategori sangat baik dari ahli materi dan guru kimia; (2) 81,81% siswa memperoleh skor evaluasi di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan KKM sebesar 70; (3) siswa memberikan respon dengan persentase keidealan 94%. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik, efektif, dan ideal digunakan.
Downloads
References
Arif F, Cahya. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif untuk kelas x smk negeri 3 buduransidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 40-46. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknikmesin/article/view/17346
Borg & Gall. (1989). Education Research, an Introduction. New York & London: Longman Inc.
Haris, Mudjiman.(2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kasmadi, Imam Supardi & Indraspuri, Rahning Putri. (2010). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 574–581. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1315
Kean, Elizabeth, Middlecamp, & Catherine. (1985). A Survival Manual for General Chemistry (Panduan Belajar Kimia Dasar). Penerjemah: A. Hadyana Pudjaatmaka. Jakarta: Gramedia.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyasa, E. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Punaji, S., (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana & Rivai Ahmad. (1992). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.