Improvement of Pre-Service Chemistry Teacher Skills in Designing Learning Materials through Curriculum Study to Realize Quality Education

Authors

  • Sri Wardani Universitas Negeri Semarang
  • Sri Haryani
  • Endang Susilaningsih
  • Sri Susilogati Sumarti
  • Dian Sri Asmorowati
  • Tuyarni
  • Wulan Febriani
  • Adyatma Riyandino
  • Saidatul Ulfa

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2025.72-06

Keywords:

Curriculum studies, Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Berkualitas

Abstract

Pendidikan memegang peranan sentral dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas calon pendidik yang akan berperan langsung dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai SDGs 4: Pendidikan Bermutu, dibutuhkan pendidik yang memiliki keterampilan merancang perangkat pembelajaran yang memenuhi standar nasional dan kebutuhan peserta didik yang dapat dilakukan melalui pendekatan studi kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa calon guru dalam merancang perangkat pembelajaran Program Semester (Prosem), Alur Sasaran Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar sebagai bentuk implementasi SDGs 4: Pendidikan Bermutu melalui studi kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 25 mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar penilaian sejawat dan angket tanggapan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa calon guru dalam merancang perangkat pembelajaran sebelum dan sesudah studi kurikulum sebesar 32% untuk program semester, 28% untuk ATP, dan 21% untuk modul terbuka. Persentase tanggapan siswa mengenai persepsi mereka terhadap kurikulum pembelajaran adalah 82,63%, yang dikategorikan sangat baik. Studi ini menyimpulkan bahwa pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan calon guru dalam merancang perangkat pembelajaran, sehingga mewujudkan pendidikan yang berkualitas (SDGs 4).

Kata Kunci: Studi Kurikulum, Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Berkualitas

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, P., & Yudiantari, A. L. (2023). Analisis PCK Guru IPA Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 20(1), 80–86. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arifin, A., Adiba, N. A., Azzahra, A. B., Bellyana, A., & Fitria, L. N. (2025). Manajemen Strategik Pada Lembaga Pendidikan Untuk Mendukung SDGS (Sustainable Development Goals). Jurnal Kreativitas Pendidikan Modern, 7 (1), 150–162. https://journalpedia.com/1/index.php/jkpm

Ariyani, D., & Nugraheni, N. (2024). Menuju Pendidikan Berkualitas : Kontribusi Indonesia dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.1037

Arwasih, A., Mulyasari, E., Hendriawan, D., Bait, E. H., & Nurhayati, N. (2025). Analisis Komparatif Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, dan Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Kurikulum 2013. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13 (1).

Ayu, K. I., & Hergiani, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pembelajaran Kimia di Kabupaten Cirebon dalam. Jurnal Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 3 (2), 1–8. http://www.syekhnurjati.ac.id/Jurnal/index.php

Burhanuddin, B., Muntari, M., Loka, I. N. ., Sofia, B. F. D. ., & Al Idrus, S. W. . (2023). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Lesson Study . Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia , 2 (1), 47–52. https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i1.2288

Casfian, F., Fadhillah, F., Septiaranny, J. W., Nugraha, M. A., & Fuadin, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Kontruktivisme Melalui Media E-Learning. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3 (2), 636–648. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Datu, P. A., Pomalato, S., & Panigoro, H. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbasis Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jambura Journal of Mathematics Education, 5 (1), 70–82. https://doi.org/10.37905/jmathedu.v5i1.20132

Diva, S. T., & Ramadan, Z. H. (2024). Analisis Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 182 Pekanbaru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (3), 943–955. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16185

Erika, F., Hartati, Y., Wahyuni, L. R., & Rahmadani, F. N. (2025). Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru Kimia Melalui Pembelajaran Mikro Reflektif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14 (2), 2927-2938.

Halalutu, F. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Kompotensi Pedagogik Guru Dalam Menyusun, CP, TP dan ATP Melalui KKG di MIM Unggulan Kota Gorontalo. Research Review: Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.54923/researchreview.v2i2.50

Merdekawaty, A., & Suryani, E. (2024). Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16 (2), 103–109. https://doi.org/10.30599/jti.v16i2.3440

Mudarris, B., Munir, M., & Sultoni, M. F. (2024). Pendampingan Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MTs Al-Muttahidah, Sentong, Krejengan, Probolinggo. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4 (1), 16–32. https://doi.org/10.59106/salwatuna.v4i1.187

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6 (4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067

Saputri, Y. D., Adi, B. S., Hastuti, W. S., & Murti, R. C. (2023). Peningkatan kemampuan mahasiswa Pendidikan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui refleksi diri pada mata kuliah Pendidikan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11 (1), 40-49. https://dx.doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.26571

Sugiono. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. In Mode Penelitian Kualitatif.

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5 (1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1 (03), 80-95.

Wahyuni, S., Wulandari, E. U. P., Fadilah, R., & Yusmar, F. (2022). Pengembangan Mobile Learning Module Berbasis Android Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP. (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12 (3), 125–134. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.266

Wahyuni, M. S., Pratama, M. I., Abdal, N. M., & Atmasani, D. (2024). Evaluasi Kemampuan Profesional Mahasiswa Calon Guru Informatika Melalui Praktik Pengalaman Lapangan. Information Technology Education Journal, 3 (3), 105–112. https://journal.unm.ac.id/index.php

Winarsih, N., Musliha, S., Septiana, W., & Faize, S. N. (2024). Analisis Perspektif Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dan Dampaknya Pada Pembelajaran Di Kabupaten https://doi.org/10.69875/djosse.v1i2.102

Wulandari, E., Sukiyanto, & Mujiyanto. (2024). Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Educatio, 10 (1), 98–104. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6582

Zulyanty, M., Mardia, A., Duren, S. S., Kota, J. L., & Jambi, M. (2024). Peningkatan Kualitas Mengajar Calon Guru Matematika Melalui Bahan Ajar Micro Teaching Terintegrasi Teknologi. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 5 (2), 56–65. https://jom.untidar.ac.id/index.php/mathlocus

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Sri Wardani, Sri Haryani, Endang Susilaningsih, Sri Susilogati Sumarti, Dian Sri Asmorowati, Tuyarni, Wulan Febriani, Adyatma Riyandino, & Saidatul Ulfa. (2025). Improvement of Pre-Service Chemistry Teacher Skills in Designing Learning Materials through Curriculum Study to Realize Quality Education . Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 7(2), 134–147. https://doi.org/10.14421/jtcre.2025.72-06

Issue

Section

Articles