Pengembangan Media Pembelajaran Edmodo Berbasis Blended Learning Berorientasi Representasi Kimia
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.21-05Keywords:
Edmodo, blended learning, representasi kimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran edmodo berbasis blended learning berorientasi representasi kimia dan mengkaji kualitas produk, serta mengkaji respon peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga atau development. Produk dinilai menggunakan instrumen penilaian kualitas skala Likert dan Gutmann. Produk yang dikembangkan dinilaikan kepada dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru kimia SMA/MA dan direspon oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian dosen ahli materi, dosen ahli media, dan guru kimia SMA/MA, produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik dengan presentase keidealan berturut-turut sebesar 96,42%; 77,5%; dan 80,5%. Sedangkan untuk respon peserta didiknya dikategorikan sangat baik dengan presentase keidealan sebesar 90,6%.
Downloads
References
Marhendra, A. G., Suryaningtiyas, W., & Kristanti, F. (2016). Penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar matematika kelas VIII di SMPN 38 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology 1(1), 10-20. http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i1.97
Prawiradilaga, D. S. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Penadamedia.
Khamidah, K., & Tiyono, R. A. (2013). Pengembangan aplikasi e-learning berbasis web dengan PHP dan My SQL studi kasus SMPN 1 Arjosari. Indonesian Journal of Network & Security 2(2), 1-7. http://dx.doi.org/10.1123/ijns.v2i2.236
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi industry 4.0: Tantangan Peluang dan solusi bagi dunia Pendidikan. Jurnal Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin. Hasil penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat.
Johstone, A.H. (1993). The development of chemistry teaching: A changing response to changing demand. Journal of Chemical Education, 70(9), 701-705. http://dx.doi.org/10.1021/ed070p701
Orgil, M., & Sutherland, A. (2008). Undergraduate chemistry students’ perceptions of and misconceptions about buffers and buffer problems. Chemistry Education Research Practice, 9(2), 131-143. http://dx.doi.org/10.1039/B806229N
Thomas, P., & Setiaji, K. (2014). E-learning dengan pendekatan kooperaif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Dinamika Pendidikan (9)1, 21-40. http://dx.doi.org/10.15294/dp.v9i1.3353