Pengembangan Android Mobile Learning “Puzzle Of Chemistry” Berbasis Contextual Learning Pada Materi Asam Basa
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-04Keywords:
Game android, Asam Basa, Contextual LearningAbstract
Materi kimia SMA/MA lebih banyak diwarnai dengan materi konseptual teoretik keilmuan kimia dibandingkan dengan aplikasi ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran kimia yang memuat contextual learning pada materi asam basa cocok untuk menjadi solusi dari hal tersebut, namun media pembelajaran yang dikembangkan tentunya harus memerhatikan ketertarikan siswa dan kemajuan perkembangan zaman saat ini sehingga perlu dikembangkan media yang interaktif dan mudah diakses oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang memuat contextual learning pada materi asam basa dalam bentuk game android interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan metode 4-D. sebelum produk dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh siswa kelas XI MIA, produk yang dikembangkan divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi. Produk yang dinilaikan dengan menggunakan skala likert dan guttman. Hasil penlitian yang diperoleh bahwa media game android puzzle of chemistry berbasis contextual learning pada materi asam basa memiliki karakteristik game yang memuat contextual learning. Berdasarkan penilaian validasi ahli materi dan ahli media bahwa produk yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori baik, sedangkan respon guru kimia mendapatkkan persentase keidealan sebesar 96,3% termasuk kategor Sangat Baik (SB), dan respon siswa SMA/MA kelas XI MIA memperoleh persentase keidealan sebesar 87% termasuk kategori Sangat Baik (SB).
Downloads
References
Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555
Chang, R. (2004). Kimia Dasar II. Erlangga.
Izzati, S., Sunyono, & Efkar, T. (2015). Penerapan Simayang Tipe II Berbasis Multipel Representasi pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 262–274.
Listyorini, T., & Widodo, A. (2013). Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 3(1), 25. https://doi.org/10.24176/simet.v3i1.85
Putri, N. . (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Asam Basa Dengan Strategi Kontektual Berbantuan Modul. Chemistry in Education, 3(2), 200–207.
Rizkiana, F., Dasna, I. ., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Asam Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman:, 354–362.
Subagia, I. W. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 0(0). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10479
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Yogo D. Prasetyo, Resti Yektyastuti, Mar’attus Solihah, Jaslin Ikhsan, K. H. S. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Terhadap Peningkatan Motivasi. November, 252–258.