Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Hasil Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Kimia

Authors

  • Fatikah Giyana Cahyani MAN 2 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-06

Keywords:

Kecerdasan Logis-matematis, Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Kecerdasan yang seseorang terdiri dari delapan jenis atau kecerdasan majemuk. Kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan interpersonal dibutuhkan pada pembelajaran kimia. Hasil belajar kimia berkaitan dengan kecerdasan logis-matematis siswa. Sedangkan motivasi belajar kimia berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, perlu menentukan hubungan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar kimia siswa XI MIA di SMA N 1 Banguntapan. Selain itu, untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar kimia siswa XI MIA di SMA N 1 Banguntapan.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Partisipan dalam penelitian sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data kecerdasan interpersonal dan motivasi. Selain itu, tes untuk memperoleh data kecerdasan logis-matematis dan hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi. Berdasakan hasil penelitian diketahui hubungan antara kecerdasan logis-matematis dengan hasil belajar kimia siswa XI MIA di SMA N 1 Banguntapan linier positif dan signifikan dengan nilai r = 0,864 dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar kimia siswa XI MIA di SMA N 1 Banguntapan linier positif dan signifikan dengan nilai r = 0, 392 dalam kategori rendah.

Downloads

References

Adlim, M., Wilyta, I., & Hasan, M. (2017, Maret). Model analisis penyebab rendahnya penguasaan konsep yang diuji dalam ujian nasional (kajian pada materi ilmu kimia pada siswa sma/ma sekitar kampus unsyiah). Jurnal Pencerahan, 11(1), 15-27.

Adman, & Wanda. (2019). Ketrampilan mengajar dan komunikasi interpersonal guru sebagai determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 246-256

Ambo, & Damsid. (2010). Asas-asas multiple researches dari norman k denzin hingga john w cresswell dan penerapannya. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Amir, A. (2018). Pembelajaran matematika dengan menggunakan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Jurnal logaritma, 1(1).

Amstrong, T. (2013). Kecerdasan multiple di dalam kelas. Jakarta: Indeks.

Bahri, D. S. (2011). Psikologi pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eka, A. (2018). Sikap disiplin fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap motivasi berprestasi dan dampaknya pada hasil belajar matematika siswa smp. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Pendidikan Matematika . Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Emzir. (2010). Metode penelitian kualitatif analisis data. Jakarta: Rajawali Press.

Fajriani, & Masni, E. D. (2018). Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika SMA. Jurnal Pedagogy, 2(1), 63-80.

Firdausi, N. I. (2014). Perbandingan hasil belajar kimia dengan model pembelajaran inquiry dan learning cycle 5e pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 193-199.

Hoerr, T. (2007). Buku kerja multiple intelligences. Bandung: Kaifa.

Irawan, A. (2014). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Jurnal Formatif, 4(1), 36-55.

Jayanti, E. (2018, Juni). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa melalui strategi pembelajaran think-talk-write di kelas X SMA PGRI indralaya. Orbital:Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1).

Kemendikbud. (2017). Model silabus mata pelajaran sekolah menengah atas madrasah aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, H. (2016). Kreatif mendongeng untuk kecerdasan jamak anak. Jakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan.

Monawati. (2015). Hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan prestasi belajar. PGSD Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala, 3(3), 21-32.

Muali, C. (2016). Kontruksi strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences sebagai upaya pemecahan masalah belajar. Pedagogik;Jurnal Pendidikan, 3(2), 11.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, & Novita. (2018). Melatihkan multiple intelligences (kecerdasan interpersonal dan logis-matematis) siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. UNESA Journal Of Chemical Education, 7(32), 407-414.

Rosyid, M. Z., Mustajab., & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer mengembangkan profesionalisme guru abad 21. Bandung: Alfabeta.

Said, & Andi. (2015). Strategi mengajar multiple intelligences. Jakarta: Prenada Media.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, A. A., Saputro, S. H., & Nurhayati, S. (2017). Penerapan inkuiri terbimbing berpendekatan multiple intelligences terhadap hasil belajar kimia. Chemistry In Education, 6(2)

Tukiran, T., & Hidayati, M. (2012). Penelitian kuantitatif (sebuah pengantar). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satria, & Hamzah. (2012). Assesment pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sefani. (2017). Pengaruh ketrampilan mengajar guru dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening siswa kelas xi is sma negeri 14 semarang. Economic Education Analysis, 6(1)

Sigala, L. (2016). Hubungan persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan motivasi siswa yang pernah mengikuti remedial kimia di SMA ITCI penajam paster utara . Jurnal Psikoborneo, 4(3), 462-469.

Sudjana, D., & Wijayanti, I. E. (2018). Analisis ketrampilan metakognitif pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui model pembelajaran pemecahan masalah. EduChemia, 3(2), 206-221.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi., & Purwanto. (2016). Statistika untuk ekonomi dan keuangan modern. Jakarta: Salemba Empat.

Supratiknya. (2012). Penilaian hasil belajar dengan teknik nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa. Jurnal Promosi, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM-Metro, 3(1), 75-83.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Cahyani, F. G. . (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Hasil Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Kimia. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(2), 99–107. https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-06

Issue

Section

Articles