Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Metode Eksperimen

Authors

  • Rani Riyas Takim SMAN 2 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2021.32-01

Keywords:

Modul Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Ikatan Kimia, Eksperimen Kimia

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan modul pembelajaran dengan metode eksperimen yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul ikatan kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen dan menganalisis kualitas modul ikatan kimia berbasis Contextual Teaching and Learning melalui metode eksperimen berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia SMA/MA (reviewer) serta respon peserta didik terhadap modul ikatan kimia. Model pengembangan produk yang digunakan mengadaptasi model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate), namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk modul pembelajaran ini divalidasi oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, serta tiga peer review. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, tiga pendidik kimia (reviewer), dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen kualitas penilaian produk berupa skala Likert dan respon peserta didik berupa skala Guttman yang terdiri dari tujuh aspek yaitu kelayakan isi/materi, komponen kebahasaan, metode eksperimen kimia, pendekatan kontekstual (CTL), penyajian, kegrafikan, dan karakteristik modul. Hasil produk modul pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu berupa pengaitan materi dan eksperimen kimia yang terdapat dalam modul dengan kehidupan sehari-hari. Modul diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas serta dapat dijadikan sumber belajar mandiri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul ikatan kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen dari ahli materi mendapat kategori Baik (B) dengan persentase 80%. Penilaian ahli media mendapat kategori Baik (B) dengan persentase 84%. Penilaian tiga reviewer (pendidik kimia) mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 85,20%. Serta menurut respon sepuluh peserta didik mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 93%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah. (2014). Miskonsepsi Guru Kimia SMA Negeri pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UNTAN, 3 (9), 1-18.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Brady, James E. (1999). Kimia Universitas. Jakarta: Binarupa Aksara.

Chang, R. (2005). Kimia dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Fessenden, R.J. and J.S Fessenden. (1986). Kimia Organik Dasar Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Permendikbud. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 16 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Permendikbud.

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 69 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA/MA. Jakarta: Permendikbud.

Petrucci, R. H. (1987). Prinsip dan Terapan Modern. Jakarta: Erlangga.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Yakina, dkk. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Bawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 288.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Takim, R. R. . (2021). Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Metode Eksperimen . Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(2), 53–62. https://doi.org/10.14421/jtcre.2021.32-01

Issue

Section

Articles