Pengembangan Buku Bacaan Berjenjang Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.41-01Keywords:
Pengembangan, buku bacaan berjenjang, IPA SDAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D, yaitu Define, Design Develope, dan Disseminate. Namun, pengembangan ini hanya pada sampai tahap Develope. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk buku bacaan berjenjang dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penilaian dilakukan melalui ahli materi, ahli media, dan guru IPA SD yang meliputi 9 aspek penilaian dengan menggunakan instrumen lembar penilaian skala 4. Hasil penilaian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku bacaan berjenjang. Produk yang dikembangkan direkomendasikan untuk kelas IV tema 2 pokok bahasan energi dan kelas V tema 3 pokok bahasan sistem pencernaan manusia yang diberi judul “Yuk, Cari Tahu”. Karakteristik produk terdiri dari 20 halaman yang dikemas dalam bentuk cerita dan terdiri dari satu gambar tiap halaman. Berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (SB) dengan skor 2 dari total skor 2, penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 6 dari total skor 6 dan penilaian guru IPA SD menunjukan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 31,2 dari total skor 36 dengan persentase keidealan sebesar 87%. Oleh karena itu, produk pengembangan layak dijadikan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Desstya, Anatri. 2015. IPA dan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi (Telaah Buku Siswa SD Kelas IV Tema 3, Karya Much. Azam, dkk)). Seminar Nasional Pendidikan Sains (SPNS) UNS, ISSN: 2407-4659.
Dewi, S. Z., & Suhandi, A. 2016. Penerapan Strategi Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (PDEODE) pada Pembelajaran IPA SD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Menurunkan Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V. Eduhumainiora, 8(1).
Efendi, A. 2009. Beberapa catatan tentang Buku Teks Pelajaran di Sekolah. INSANI, 14(2).
Efendi, A., Astuti, P., & Rahayu, N. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2): 12-24.
Gomez-Zwiep, S. (2008). Elementary Teachers’ Understanding of Students’ Science Misconceptions: Implications For Practice And Teacher Education . J Sci Teacher Educ, 19:437-454.
Hadzigeorgiou, Y., & Fotinos, N. (2007). Imaginative Thinking and the Learning of Science. The Science Education Review, 6(1).
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2013). Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3).
Liang, C. (2012). THE EXPLORATION OF INDICATORS OF IMAGINATION. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 11(3).
Matata, S. D., Syamsuddin, & Barasandji, S. (2017). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Uwedaka Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(12) ISSN 235-614X.
Mujahidin, E., & Pancawati, A. D. (2018). Pengaruh Materi Cerita terhadap Perkembangan Kepribadian Cerita Anak. Edukasi Islami:Jurnal Pendidikan Islam, 7(2) P-ISSN: 2252-8970 E-ISSN: 2581-1754.
Nugroho, W. (2014). Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Sains Kelas V di SDIT Lukman Al Hakim Internasional Banguntapan Kabupaten Bantul. Skripsi , Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNY.
Pratiwi, V. (2015). Pengembangan Modul Tematik Pembelajaran IPA Materi Macam-Macam Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari untuk Kelas IV MI/SD. Skripsi, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA.
Rahayu, W. (2015). Model Pembelajaran Komeks: Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Aspek Membaca Intensif Di SD. Yogyakarta: DeePublish.
Rahayu, W., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasaan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). KHIZANAH AL-HIKMAH, 4(2) ISSN:2354-9629.
Rozi, F. (2018). Upaya Menumbuhkan Budaya Baca Siswa SD Melalui Gerakan “Read (Regulasi, Edukasi, Aplikasi, Determinasi. Jurnal Sekolah (JS), 1(4): 123-128.
Saputri, F. E., Annisa, M., & Kusnandi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Siswa Kelas III SDN Tarakan. Widyagogik, 6(1).
Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Padas Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Skripsi, Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Saril, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran . Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).
Shin, Y.-J. (2013). Mendidik Anak di Era Digital Terjemahan. Jakarta: Mizan Publika.
Stuart, M. T. (2019). Towards a dual process epistemology of imagination. Synthese.
Supartinah. (2018). Pedoman Penjenjangan Buku Bacaan Berbahasa Jawa Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Sekolah Dasar. JURNAL KEPENDIDIKAN, 2(1):26-38.
Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar, 6 Edisi 1.
TIM Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2009). Pendidikan dan Disiplin Ilmu Bagian 3. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Untari, E. (2017). Problematika dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1).
Wardopo, K. (2019). Dongeng sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI. Jurnal Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen, 4 (2). ISSN: 2541-402X.
Widanengsih, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Anak, Motivasi dan Prestasi Belajar pada Anak SD di Kecamatan. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) (p. A.81. ). ISBN: 978-602-61268-0-1.
Winarni, R. (2014). Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.