Pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) Terhadap Minat Dan Kesiapan Menjadi Calon Guru Kimia Yang Profesional

Authors

  • Arum Dwi Jayanti SMAN 1 Cibitung, Bekasi, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.41-03

Keywords:

PLP, Minat Menjadi Guru, Kesiapan Guru Profesional

Abstract

Guru mempunyai peranan sangat penting di bidang pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional. Dalam rangka mewujudkan guru yang profesional maka harus dilakukan dari dasar. Seorang guru sebelum mengajar harus memiliki kesiapan mengajar yang matang. Salah satu cara untuk mengasah kompetensi mengajar mahasiswa calon guru dengan mengikuti kegiatan Program Latihan Profesi (PLP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) terhadap minat dan kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa pendidikan kimia. Serta mengetahui pengaruh minat dan kesiapan menjadi guru yang profesional pada mahasiswa pendidikan kimia. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu menjabarkan dan menganalisis fenomena yang ditemukan di lapangan sehingga akan menghasilkan kesimpulan yang obyektif berupa data-data deskriptif. Subjek penelitian ini dalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2015 dan 2016 yang telah lulus dalam mata kuliah micro teaching dan telah mengikuti Program Latihan Profesi (PLP) serta mahasiswa alumni pendidikan kimia yang bekerja sebagai guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain: wawancara, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif menggunakan persentase. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Secara keseluruhan persentase proses Program Latihan Profesi (PLP) yang dilaksanakan mahasiswa yaitu sebesar 85,9% artinya mahasiswa telah melaksanakan kegiatan Program Latihan Profesi (PLP) dengan sangat baik. Dimana selama proses Program Latihan Profesi (PLP) tersebut juga menimbulkan minat bagi mahasiswa menjadi seorang guru. Persentase minat mahasiswa menjadi guru didapat angka sebesar 86,8%. Hal ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap profesi guru sangat baik. Program Latihan Profesi (PLP) dapat dikatakan menjadi salah satu faktor eksternal yang berpengaruh terhadap minat tersebut. Keberminatan mahasiswa calon guru tersebut selaras dengan hasil persentase kesiapan mahasiswa yaitu sebesar 79,9%, angka tersebut menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru profesional adalah sangat baik. Kesiapan inilah yang diperlukan untuk menjadi guru profesional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hurlock, E, B. (2010). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan SepanjangKehidupan. Jakarta: Erlangga.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Safari. (2005). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non tes. Jakarta: Asosiasi Pemgawas Sekola Indonesia Depdiknas.

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.

Asril, Zainal. (2016). Microteaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulber, S. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Arum Dwi Jayanti. (2022). Pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) Terhadap Minat Dan Kesiapan Menjadi Calon Guru Kimia Yang Profesional . Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 4(1), 22–35. https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.41-03

Issue

Section

Articles