Pengembangan Alat Peraga GUFUS Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Gugus Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.41-04Keywords:
Penelitian Pengembangan, Alat Peraga Gufus, Gugus FungsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan alat peraga Gufus sebagai sumber belajar mandiri pada materi gugus fungsi, 2) Mengetahui kualitas alat peraga Gufus sebagai sumber belajar mandiri berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia SMA/MA). Pengembangan alat peraga Gufus ini menggunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap yakni: (1) Define (definisi), (2) Design (desain), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate (penyebarluasan). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Produk alat peraga Gufus pada materi gugus fungsi ini divalidasi oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, serta tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer (guru kimia). Instrumen yang digunakan untuk penilaian kualitas produk berupa lembar angket skala lima yang terdiri dari delapan aspek.. Karakteristik alat peraga Gufus yang dikembangkan terdiri dari beberapa komponen, diantaranya huruf C-H-O, batang penghubung, angka dan penomoran yang disetiap komponen dipasangi magnet untuk dapat ditempelkan pada papan tulis bermagnet. Penilaian kualitas alat peraga Gufus dilakukan oleh satu dosen ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 97,14%. Menurut penilaian satu dosen ahli media kualitas alat peraga Gufus mendapat kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 89%. Penilaian kualitas alat peraga Gufus oleh empat reviewer (guru kimia) mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 93,61%.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Chang, Raymond. (2005). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid I. Jakarta :Erlangga
Hamzah, B Uno. (2007). Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Balajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: PT Bumi Aksara
Keenan, dkk. (1984). Kimia Universitas. Jakarta: Erlangga
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rudi Sisilana & Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI
Sadiman,Arief S. Rahardjo dkk. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Siregar, Eveline dan Hartini. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta. Pedagogja
Suprayitno, Totok. (2011). Pembuatan Alat Peraga Fisika Untuk SMA. Jakarta: Kemendikbud
Suyanti, D.R. (2010). Strategi Pembelajaran kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu