Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia SMA/MA Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Berwawasan Lingkungan Hidup
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.41-05Keywords:
Pengembangan, Modul Kimia, Wawasan Lingkungan Hidup, Hidrokarbon, Minyak BumiAbstract
Interaksi antara aktivitas manusia dan lingkungan sangat mempengaruhi kondisi suatu lingkungan, sehingga sikap peduli lingkungan perlu ditanamkan sejak dini. Integrasi permasalahan lingkungan ke dalam materi pembelajaran adalah salah satu cara menanamkan sikap peduli lingkungan. Permasalahan lingkungan yang disajikan dalam pembelajaran akan menuntut peserta didik untuk mengamati dan mempelajari keadaan lingkungan sekitar sehingga dapat menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas modul materi hidrokarbon dan minyak bumi berwawasan lingkungan hidup berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia SMA/MA, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (define. design, develop, disseminate) namun hanya dibatasi sampai tahap develop. Hasil penilaian kualitas produk mendapatkan kategori sangat baik, sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul materi hidrokarbon dan minyak bumi berwawasan lingkungan hidup yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia.
Downloads
References
Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.
Latifa, I. N. (2017). Pengembangan Modul Kimia Asam Basa Berbasis Learning Cycle 5e Berwawasan Lingkungan Hidup Untuk SMA/MA KELAS XI. In skripsi. UIN Sunan Kalijaga.
Mandler, D., Mamlok-Naaman, R., Blonder, R., Yayon, M., & Hofstein, A. (2012). High-school chemistry teaching through environmentally oriented curricula. Chemistry Education Research and Practice, 13(2), 80–92. https://doi.org/10.1039/c1rp90071d
Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334
Rahmawati, D., Purwanto, A., & Rahman, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Permasalahan Lingkungan dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(2), 112–121. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JRPK.092.08
Romandhoni, F. R., & Setyaedi, H. S. (2020). Pengembangan Media E-Modul Materi Kimia Unsur Mata Pelajaran Kimia Kelas XII IPA Di SMA PGRI 1 Jombang. jurnal mahasiswa teknologi pendidikan, 10(22).
Setyobudi, F., & Saliman. (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 3 Kebumen Jawa Tengah. Jipsindo, 5(1), 1–20.
Sukardjo, & Sari, L. P. (2008). Penilaian Hasil Belajar Kimia. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Sulastri, Ismayani, A., & Husna, A. (2015). Pembelajaran Hidrokarbon dengan Menggunakan Modul untuk Meningkatkan Nilai Karakter Kesadaran Lingkungan Siswa SMA. Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya.
Sutresna, S. (2016). Buku Siswa Kelas XI Aktif dan Kreatif Belajar Kimia. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.