Hubungan antara Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 7 Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.41-06Keywords:
kemandirian belajar, hasil belajarAbstract
Pelaksanaan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan penerapan program full day school. Kemandirian belajar sangat penting dalam proses belajar terutama dalam mata pelajaran kimia, karena kimia dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kategori kemandirian belajar kimia kelas X SMA N 7 Purworejo dan menganalisis hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia kelas X SMA N 7 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat Ex- Post Facto dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripsi data, analisis regresi linier sederhana, dan korelasi Kendall’s Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo berdasarkan hasil data angket pada kategori sedang sedangkan kemandirian belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo berdasarkan hasil data observasi pada kategori tinggi serta terdapat hubungan positif dan signifikan pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo tahun 2017/2018 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) data angket sebesar 0,288, nilai (R2) 0,121 dan nilai sig. 0,000 dengan taraf sig. 0,05 dan persamaan regresi Y = 40,457 + 0,299 X. Dan nilai koefisien korelasi (R) data observasi sebesar 0,611, nilai (R2) 0,334 dan nilai sig. 0,000 dengan taraf sig. 0,05 dan persamaan regresi Y = 18,801 + 0,622 X.
Downloads
References
Tabrani. 2012. Sistem Pendidikan di Indonesia-Antara Solusi dan Ilusi. Artivle Pendidikan. Retrieved from http://www.tabraniza.com/2017/01/sistem-pendidikan-di-indonesia- antara.html
Nana, Sudjana. 2005. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.
Tarmidi dan Rambe, A.R.R. 2010. Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Directed Learning pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Volume 37, No. 2.
Norjana, Rizki, dkk. 2016. Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Hukum- hukum Dasar Kimia dan Penerapannya dalam Stoikiometri pada Siswa Kelas X IPA di MAN 3 Malang. Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 01, No. 02.
Ningsih dan Nurramah. 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1):73- 84.
Chang, Raymond. 2004. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 1. (Terjemahan Muhamad Abdulkadir Martoprawiro, dkk). Jakarta: Erlangga.