Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Redoks Sebagai Sumber Belajar
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.42-04Keywords:
modul kimia, berbasis masalah, materi pokok redoks dan sumber belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, serta mengetahui kelayakan modul kimia berbasis masalah pada materi pokok redoks sebagai sumber belajar untuk SMA/MA kelas XII. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk modul kimia ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media berupa kritik dan masukan saja. Kritik, saran/masukan dari para dosen ahli selanjutnya ditindaklanjuti dalam proses revisi produk. Penilaian produk dilakukan oleh lima pendidik kimia SMA/MA Yogyakarta dan respon peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, penilaian kualitas produk dan lembar respon peserta didik. Hasil penilaian dari lima pendidik kimia SMA/MA di Yogyakarta dengan persentase keidealan 89,437% kategori Sangat Baik, respon positif yang ditunjukan lima belas peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 96,35% sehingga modul yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar.
Downloads
References
Akbarita, R. & Narendra, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk membantu meningkatkan kemampuan penalaran siswa SMK pada materi fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat. Jurnal Riset dan Konseptual, 4(1), 1-4. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i1.255
Anas & Harfianto, D. (2020). Sumber daya manusia Indonesia di era globalisasi. Jurnal Promis, 1(2), 95-112. Retrieved from https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/207
Andrianti, S. (2014). Pendekatan pembelajaran berpusat pada sisa dalam pendidikan agama Kristen sebagai implementasi kurikulum 2013. Jurnal Teologi dan Pelayanan, 3(5), 1-22. Retrieved from https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/14
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di program studi pendidikan teknik bangunan fakultas teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.
Effendi, M. (2021). Pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan citra lembaga di lembaga pendidikan islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 39-51. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.40
Islahiyah, I., Pujiastuti, H. & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan e-modul dengan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107-2118. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908
Lestari, N. D. (2018). Analisis penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se-kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1), 68-79. http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2190
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ningrum, E. (2009). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi, 9(1), 1-9. https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681
Redhana, I. W. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(1), 76-86. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1694
Rusman, R. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), 115-124. Retrieved from https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk/article/view/213
Setyadi, A. & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12-22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.
Taufik, Shobron, S., & Jinan, M. (2016). Islam dan ipteks. Surakarta: Lembaga Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
Upadani, N. M., Tri Agustiana, I. G. A., & Astawan, I. G. (2021). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam tema berbagai pekerjaan dengan fun thinkers. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 450–458. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37730
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Widoyoko, E. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.