Pengembangan Mobile Learning “Fun With Chemistry” Berbasis Android Pada Materi Kesetimbangan
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.42-05Keywords:
pengembangan, mobile learning, android, sumber belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik produk mobile learning serta mengetahui kelayakan berdasarkan hasil penilaian guru kimia SMA/MA dan respon dari siswa kelas XII. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk berupa mobile learning ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media berupa kritik dan masukan saja. Kritik dan masukan dari para dosen ahli dijadikan sebagai acuan revisi produk. Penilaian produk dilakukan oleh tiga guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 15 siswa yang memiliki android. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Hasil penilaian dari tiga guru kimia SMA/MA diperoleh persentase keidealan sebesar 77,61% dengan kategori Baik dan respon positif yang ditunjukan lima belas siswa dengan persentase keidealan sebesar 87,78% sehingga produk yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar.
Downloads
References
Taufik, Shobron, S., & Jinan, M. (2016). Islam dan ipteks. Surakarta: Lembaga Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
Sahroni, D. (2017). Pentingnya guruan karakter dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), 115-124. Retrieved from https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk/article/view/213
Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 118–124. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/3450
Annisa, E. N., Supriyati, Y., & Nurani, Y. (2020). Peningkatan pemahaman berhitung dan kardinalitas melalui penggunaan media rangkasbitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441.
Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi pengembangan literasi kimia bagi siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100–108. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.97
Astuti, I. A. D., Dasmo, & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695-701. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525
Darmawan, D. (2016). Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Erza, F, & Nasrudin, H. (2017). Capaian keterlaksanaan strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMAN 1 Krembung Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 190–195. https://doi.org/10.26740/ujced.v6n2.p%25p.
Hapsari, D. I. S. & Fahmi, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada operasi pada matriks. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 51-60. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/10017
Lubis, I. R.& Ikhsan J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Muderawan, W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia In, 3(1), 17–23. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index
Puspitaningrum, A. A., Wihidayat, E.S., & Hatta, P. (2019). Pengembangan media pembeajaran berbasis android pada materi routing statis. Jurnal Ilmiah Educatic, 6(1), 31-38. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/6387
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry, 2(2), 40-48. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059.
Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis kesulitan belajar kimia siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 86-97. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15469.
Sophonhiranrak, S. (2021). Features, barriers, and influencing factors of mobile learning in higher education: A systematic review. Heliyon, 7(4), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06696.
Sulisworo, D., Ishafit, I., & Firdausy, K. (2016). The development of mobile learning application using jigsaw technique. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 10(3), 11-16. https://doi.org/10.3991/ijim.v10i3.5268
Susilo, M. A. & Suwahyo. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran wheel alignment. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19(2), 91-98. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/24574
Wati, W. & Novita, D. (2021). Mereduksi miskonsepsi materi kesetimbangan kimia melaui penerapan strategi Predit Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE). Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32399
Widoyoko, E. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yektyastuti, R. & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289