Pengembangan Video Praktikum Sederhana berbasis Discovery Learning Materi Stoikiomeri untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2023.51-01Keywords:
Pengembangan, Video Praktikum, StokiometriAbstract
Praktikum adalah bagian dari sebuah pembelajaran yang bertujuan agar siswa mendapatkan kesempatan untuk menguji. Praktikum dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung melalui pengamatan video praktikum. Video praktikum dapat dikembangkan dengan berbagai inovasi, salah satunya pengembangan video praktikum sederhana berbasis discovery learning materi stoikiometri untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan video praktikum sederhana berbasis discovery learning dapat membantu meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Dimana pengembangan ini terdiri atas Defaine, Design, Develop, dan Deseminate. Namun penelitian pengembangan ini dibatasi sampai tahap Develop. Produk yang akan dikembangkan pada penelitian ini berupa video praktikum sederhana berbasis discovery learning materi stoikiometri. Produk ini divalidasi oleh tiga peer reviewer, satu ahli materi, dan satu ahli media. Kualitas produk dinilai oleh tiga guru kimia serta direspon oleh sepuluh siswa kelas X MIPA. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan presentase keidealan sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh guru kimia mendapatkan presentase keidealan sebesar 89,70% dengan kategori Sangat Baik (SB). Serta respon siswa yang menunjukkan peningkatan dalam keterampilan praktikum, hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban pretest dan post tes kesepuluh siswa
Downloads
References
Asmawati, E.Y.S. (2015). Lembar Kerja Siswa (Lks) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. III (1). 1-5. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v3i1.13
Ayadia, Naila. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Skripsi. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Univ. Negeri Semarang.
Fahmi & Wuryandini. (2019). Model Community Learning Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Soft Skills Stoikiometri Kimia Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13 (1). 2268-2276. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.16759
Handayani, C.F., dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Melalui Kegiatan Praktikum Pada Materi Stoikiometri Larutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 11 (1). 1840-1848.
Herawati, N.S., & Ali, M. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5 (2). 181-185. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Kurniaman, O., Eddy, N. (2013). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 6 (2). 389-396. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Limatahu, Nur A., dkk. (2017). Pengaruh Video Praktikum Dengan Modul Elektronik Terhadap Keterampilan Proses Pada Materi Stoikiometri Siswa Kelas X SMAN 2 Tidore Kepulauan. Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim). 9 (1). 225-228. https://doi.org/10.24114/jpkim.v9i1.6183
Masithussyifa, R.K., dkk. (2012). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berorientasi Keterampilan Proses Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Bio Edu. 1 (1). 7-10.
Pramudito, Aria. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Di Smk Muhammadiyah 1 Playen. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Univ. Negeri Yogyakarta.
Rahmawati, D., dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. 3 (1). 41-44. https://doi.org/10.15294/upej.v3i1.3109
Yuniar, Siska A., dkk. (2019). Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Green Chemistry Pada Materi Stoikiometri Kelas X. Journal of Educational Chemistry. 1 (2). 51-61. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4235
Zulaiha, dkk. (2014). Pengembangan Buku Panduan Praktikum Kimia Hidrokarbon Berbasis Keterampilan Proses Sains Di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 1 (1). 87-93.