Pengembangan Alat Peraga Penjernihan Air Sederhana Materi Koloid berbasis Green Chemistry

Authors

  • Amelia Nafira

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2023.51-02

Keywords:

Pengembangan, alat peraga, green chemistry, koagulasi

Abstract

Materi sistem koloid merupakan salah satu materi kimia yang dapat diterapkan konsep green chemistry. Banyak sekali fenomena alam atau peristiwa sehari hari yang dapat dikaitkan dengan sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa alat peraga penjernihan air sederhana berbasis green chemistry pada materi sistem koloid di SMA/MA. Model pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Penilaian produk juga dilakukan oleh dua guru kimia SMA/MA serta direspon oleh 10 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli materi, dosen ahli media, dan dua orang guru kimia SMA/MA memiliki kualitas yang sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 91,3 %, 95 %, dan 96%. Respon siswa dikategorikan sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 93%. Panduan penggunaan dan pembuatan alat peraga berdasarkan penilaian dosen ahli materi, dosen ahli media, dan dua orang guru kimia memiliki kualitas yang sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 92,3 %, 93 %, dan 95%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, H. P., Suryati, Khery, Y. (2016). Pengembangan modul contextual teaching and learning (CTL) berorientasi green chemistry untuk pertumbuhan literasi sains siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(1), 17-25. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/hydrogen/article/view/42

Ainurrohmah, S. & Sudarti. (2022). Analisis perubahan iklim dan global warming yang terjadi sebagai fase kritis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 3(3), 1-10. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.13359

Anggraeni, Dwi S. (2019). Desain dan uji coba media pembelajaran alat peraga penjernihan air sederhana berorientasi green chemistry pada materi koloid di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Skripsi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Budiman, Hamidah, & Hasria. (2018). Limbah kulit pisang kapok (Musa acuminate) sebagai biofilter zat besi (Fe) dan zat kapur (CaCO3). Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 152-158. Retrieved from https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/PJKM/article/view/497

Burhanudin, S.H (2018). Strategi pengembangan indsutri garam di Jakarta. Jakarta: Departemen kelarutan dan Perikanan Indonesia

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. Jurnal Sosio Didaktika, 2(1), 31-37. http://dx.doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman tentang lingkungan berkelanjutan. Modul, 18(2), 75-82. https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.75-82

Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30614

Hasnidar, S. (2019). Pendidikan estetika dan karakter peduli lingkungan sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97-119. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997

Ismulyati, S., & Ramadhan, F. (2017). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Edukasi Kimia, 2(1), 66-71. Retrieved from https://ojs.serambimekkah.ac.id/JEK/article/view/252

Novilia, L., Iskandar, S. M., & Fajaroh, F. 2016. Pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi koloid di SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3), 95–101. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/8188

Nur, A. I., & Kurniawan, A. D. (2021). Proyeksi masa depan kendaraan listrik di Indonesia: analisis perspektif regulasi dan pengendalian dampak perubahan iklim yang berkelanjutan. Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia, 7(2), 197–220. https://doi.org/10.38011/jhli.v7i2.260

Nurjanah, S., Hakim, Y. A., & Kurniawan, E. S. (2017). Pengembangan alat peraga kalor jenis pada pokok bahasan suhu dan kalor berbasis arduino. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1), 11-17. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/183

Pandia, A., Sumarni, W., & Izzania, R. A. (2021). Pengembangan alat peraga uji daya hantar listrik berbasis STEM dan pengaruhnya terhadap literasi kimia peserta didik. Chemistry in Education, 10(1), 30-37. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/41050

Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 89-96. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5171

Putri, A. (2017). Pengaplikasian prinsip-prinsip green chemistry dalam pelaksanaan pembelajaran kimia sebagai pendekatan untuk pencegahan pencemaran akibat bahan-bahan kimia dalam kegiatan praktikum di laboratorium. Journal of Creativity Student, 2(2), 67-73. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jcs/article/view/14585

Qonita, N. A., Sari, W. K., & Mardhiya, J. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(2), 109-120. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64041

Widoyoko, E. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Nafira, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Penjernihan Air Sederhana Materi Koloid berbasis Green Chemistry. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 5(1), 7–18. https://doi.org/10.14421/jtcre.2023.51-02

Issue

Section

Articles