Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Critical Thinking dan Collaborative pada Materi Asam Basa
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2023.51-04Keywords:
critical thinking, collaborative, dan model pembelajaran guided inquiryAbstract
Pembelajaran pada kurikulum 2013 ini pendidik dituntut untuk menerapkan proses pembelajaran berbasis penelitian. Salah satu model pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 adalah model pembelajaran inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap critical thinking pada materi asam basa serta pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap collaborative pada materi asam basa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Sleman 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi dan soal pretest dan posttest. Analisis data untuk angket dan lembar observasi menggunakan uji non paramterik yaitu uji Mann Whitney. Analisis data untuk soal pretest dan posttest menggunakan uji independent sample t-test. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji non parametrik dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap critical thinking pada materi asam basa berdasarkan hasil angket, observasi. Namun, tidak ada pengaruh berdasarkan hasil tes dikarenakan faktor penyajian soal memiliki tingkat kesukaran yang masih tergolong mudah dan sedang; (2) ada pengaruh yang siginifikan pada model pembelajaran guided inquiry terhadap collaborative pada materi asam basa berdasarkan hasil angket dan observasi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran guided inquiry dapat mempengaruhi critical thinking dan collaborative peserta didik.
Downloads
References
Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1450
Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi model pembelajaran problem based learning dan inquiry learning ditinjau dari keterampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914.
Erni, A. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kimia asam basa . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 25-30. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.312
Fauzia, D. P., Badarudin, & Supriatna. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik melalui model inkuiri terbimbing. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1860
Hapsari, A. K. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pemanfaatan LKS terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan kerjasama. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Ifthinan, D.N.M. (2019). Pengembangan media laboratorium virtual berbasis inkuiri materi kesetimbangan kimia terhadap kemampuan inkuiri dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Muderawan, W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia In, 3(1), 17–23. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index.
Muharamiah, T., Hairida & Rasmawan, R. (2016). Keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6), 1-13. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15591
Mutia, A., Hadinugrahaningsih, T., & Budi, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan berbasis kontekstual (CBA) terhadap literasi kimia peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri Jakarta pada materi hidrolisis garam. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 1 - 8. https://doi.org/10.21009/JRPK.101.01
Ngaliman, Fauzani, M., & Salabi, A. 2016. Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Novitasari, N., Nabila, C., & Fratiwi, W. H. (2020). Analisis kendala guru dalam menerapkan K13 terhadap hasil belajar siswa di SDN Pegadungan 8 Petang. BINTANG: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 1-15. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/478
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11-18. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402
Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis kesulitan belajar kimia siswa kelas XI pada materi larutan penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15469.
Susilowati, W. (2020). Meta-analisis pengaruh model inquiry learning terhadap keterampilan berfikir kritis pada mata pembelajaran tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 211–216. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28193
Sutarningsih, N. L. (2022). Model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44929
Trisanti, D.C., & Sanjaya, I.G.M. (2013). Pengembangan media permainan stochcio game pada materi pokok konsep mol bagi siswa SMA sekolah berstandar internasional. Unesa Journal of Chemical Education, 2(2), 181-187. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/2761
Yofamella, D. & Taufik, T. (2022). Penerapan model inquiry learning dalam pembelajaran tematik di kelas III sekolah dasar (studi literature). Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(8), 159-172. http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10426
Zani, R., Safitri, R., & Adlim. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.11622.