Pengembangan Buku Pengayaan Kewirausahaan Materi Aspek Biokimia Hasil Pengolahan Crude Palm Oil (CPO) Untuk Siswa SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.42-02Keywords:
Pembelajaran Kimia, Buku Pengayaan, Biokimia, Crude Palm Oil (CPO)Abstract
Kewirausahaan merupakan aspek penting yang harus dimiliki lulusan SMA agar mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan kewirausahaan materi aspek biokimia hasil pengolahan Crude Palm Oil (CPO). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Produk divalidasi dan dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, tiga guru SMA, serta direspon oleh sepuluh siswa SMA. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon siswa dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 93,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian produk oleh ahli media mendapatkan persentase 80,00% dengan kategori Baik (B), dan penilaian produk oleh guru SMA mendapatkan persentase 81,73% dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk direspon positif oleh siswa dengan persentase sebesar 89% sehingga buku pengayaan yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kewirausahaan siswa SMA pada pengolahan Crude Palm Oil (CPO)
Downloads
References
Anggraini, D. (2018). Pengembangan model buku pengayaan berbasis cerita rakyat Lampung. Mabasan: Masyarakat Bahasa & Sastra Nusantara, 14(1),129-142. https://doi.org/10.26499/mab.v14i1.388
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. Current Research in Education, 1(1), 1-12. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685
Antoro, B. (2017). Gerakan literasi sekolah dari pucuk hingga akar sebuah refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Dasar dan Menengah.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Artana, I. K. (2016). Upaya menumbuhkan minat baca pada anak. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-13. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/10099
Berlian, G. S. (2015). Politik hilirisasi kelapa sawit Indonesia. Jurnal Transformasi Global, 2(2), 80-100. Retrieved from https://transformasiglobal.ub.ac.id/index.php/trans/article/view/33
Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi sekolah sebagai upaya penciptaan masyarakat pebelajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan. Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/888
Darmawan, D. (2012). Teknologi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fauzi, Y., Widyastuti, Y. E., Satyawibawa, I., & Hartono, R. (2006). Kelapa sawit: Budi daya, pemanfaatan hasil limbah, analisis usaha dan pemasaran. Jakarta: Penebar Swadaya.
Firmansyah, D. (2018). Analysis of language skills in primary school children (Study development of child psychology of language). PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 2(1), 35-40. https://doi.org/10.22460/pej.v1i1.668
Ihsan, Pratama, L. & Hermawan, R. (2018). Peningkatan kompetensi literasi dalam keterampilan membaca pada siswa Sekolah Dasar Inpres 12 Kabupaten Sorong Papua Barat. Journal of Character Education Society, 1(2), 9-17. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/1544
Kholianti, (2011). Hubungan antara frekuensi kunjungan perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa kelas IV di SD Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo tahun ajaran 2010/2011. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniawan, P. Y. & Subyantoro. (2016). Pengembangan bukku pengayaan menulis teks prosedur kompleks bermuatan nilai-nilai kewirausahaan. Jurnal Seloka, 5(1), 71-80. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/12753
Muslich, M. (2010). Text book writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muslim, B. (2018). Peran pustakawan dalam meningkatkan literasi masyarakat. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(2), 93-99. https://doi.org/10.15548/jib.v1i1.3
Purnomo, N. (2016). Membumikan gerakan literasi di sekolah: Membaca, kenapa takut!. Yogyakarta: Lembaga Ladang kata.
Purwadi, P., Hendrik, M., Arafatun, S. K. (). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tahap pembiasaan: Perbedaan implementasi antara SD Negeri 3 Pangkalpinang dengan SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 280-296. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5135
Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar: Edisi kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramandanu, F. (2019).Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternative penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Ruslan & Wibayanti, S. H. (2019). Pentingnya meningkatkan minat baca siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Palembang, 767-775. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2633
Safitri, E. I. & Syaifudin, A. (2018). Pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi berbasis gerakan antinarkoba. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 29-34. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/25753
Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197-205. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.42137
Sugihartati, R. (2010). Membaca, gaya hidup dan kapitalisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukmana, Y. (15 Januari 2019). Lulusan banyak yang menganggur, apa salah SMK kita?. Kompas, hlm 7.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. Kemendikbud, 2, 10.17605/OSF.IO/8Q9VY
Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6), 1-13. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/3098