Pengembangan Alat Peraga Penjernihan Air Sederhana Materi Koloid berbasis Green Chemistry
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2023.51-02Keywords:
Pengembangan, alat peraga, green chemistry, koagulasiAbstract
Materi sistem koloid merupakan salah satu materi kimia yang dapat diterapkan konsep green chemistry. Banyak sekali fenomena alam atau peristiwa sehari hari yang dapat dikaitkan dengan sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa alat peraga penjernihan air sederhana berbasis green chemistry pada materi sistem koloid di SMA/MA. Model pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Penilaian produk juga dilakukan oleh dua guru kimia SMA/MA serta direspon oleh 10 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli materi, dosen ahli media, dan dua orang guru kimia SMA/MA memiliki kualitas yang sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 91,3 %, 95 %, dan 96%. Respon siswa dikategorikan sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 93%. Panduan penggunaan dan pembuatan alat peraga berdasarkan penilaian dosen ahli materi, dosen ahli media, dan dua orang guru kimia memiliki kualitas yang sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 92,3 %, 93 %, dan 95%.
Downloads
References
Ahmadi, H. P., Suryati, Khery, Y. (2016). Pengembangan modul contextual teaching and learning (CTL) berorientasi green chemistry untuk pertumbuhan literasi sains siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(1), 17-25. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/hydrogen/article/view/42
Ainurrohmah, S. & Sudarti. (2022). Analisis perubahan iklim dan global warming yang terjadi sebagai fase kritis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 3(3), 1-10. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.13359
Anggraeni, Dwi S. (2019). Desain dan uji coba media pembelajaran alat peraga penjernihan air sederhana berorientasi green chemistry pada materi koloid di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Skripsi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
Budiman, Hamidah, & Hasria. (2018). Limbah kulit pisang kapok (Musa acuminate) sebagai biofilter zat besi (Fe) dan zat kapur (CaCO3). Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 152-158. Retrieved from https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/PJKM/article/view/497
Burhanudin, S.H (2018). Strategi pengembangan indsutri garam di Jakarta. Jakarta: Departemen kelarutan dan Perikanan Indonesia
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. Jurnal Sosio Didaktika, 2(1), 31-37. http://dx.doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661
Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman tentang lingkungan berkelanjutan. Modul, 18(2), 75-82. https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.75-82
Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30614
Hasnidar, S. (2019). Pendidikan estetika dan karakter peduli lingkungan sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97-119. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997
Ismulyati, S., & Ramadhan, F. (2017). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Jurnal Edukasi Kimia, 2(1), 66-71. Retrieved from https://ojs.serambimekkah.ac.id/JEK/article/view/252
Novilia, L., Iskandar, S. M., & Fajaroh, F. 2016. Pengembangan modul pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi koloid di SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3), 95–101. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/8188
Nur, A. I., & Kurniawan, A. D. (2021). Proyeksi masa depan kendaraan listrik di Indonesia: analisis perspektif regulasi dan pengendalian dampak perubahan iklim yang berkelanjutan. Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia, 7(2), 197–220. https://doi.org/10.38011/jhli.v7i2.260
Nurjanah, S., Hakim, Y. A., & Kurniawan, E. S. (2017). Pengembangan alat peraga kalor jenis pada pokok bahasan suhu dan kalor berbasis arduino. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1), 11-17. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/183
Pandia, A., Sumarni, W., & Izzania, R. A. (2021). Pengembangan alat peraga uji daya hantar listrik berbasis STEM dan pengaruhnya terhadap literasi kimia peserta didik. Chemistry in Education, 10(1), 30-37. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/41050
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 89-96. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5171
Putri, A. (2017). Pengaplikasian prinsip-prinsip green chemistry dalam pelaksanaan pembelajaran kimia sebagai pendekatan untuk pencegahan pencemaran akibat bahan-bahan kimia dalam kegiatan praktikum di laboratorium. Journal of Creativity Student, 2(2), 67-73. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jcs/article/view/14585
Qonita, N. A., Sari, W. K., & Mardhiya, J. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(2), 109-120. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64041
Widoyoko, E. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar