Pengembangan Modul Kimia berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering (REACT) bermuatan Etnokimia

Authors

  • Anisatul Insyiroh

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2023.52-02

Keywords:

penelitian pengembangan,, modul, REACT, etnokimia, asam basa

Abstract

Penelitian           pengembangan ini         bertujuan untuk mengembangkan modul kimia berbasis relating, experiencing, applying, cooperating dan transferring (REACT) bermuatan etnokimia pada materi asam basa dan mengetahui kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi,ahli media, guru kimia dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga yaitu development. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru Kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas produk dengan skala Likert dan lembar respon siswa skala Guttman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil produk pengembangan berupa modul berukuran B5 berisi materi asam basa yang disusun sesuai dengan rangkaian strategi pembelajaran REACT dan dilengkapi dengan muatan etnokimia. Hasil penilaian ahli materi memperoleh persentase 91,8% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian ahli media memperoleh persentase 92,63% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian guru Kimia SMA/MA memperoleh persentase 92,5% dengan kategori Sangat Baik (SB). Sedangkan respon peserta didik terhadap produk sangat positif dengan persentase 96,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ador, N. K. S. (2017). Ethnochemistry of maguindanaons’ on the usage of household chemicals: Implications to chemistry education. Journal of Social Sciences, 6(2), 8–26. https://doi.org/10.25255/jss.2017.6.2s.8.26.

Afriani, N., Haris, M., Savalas, L. R. T., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengaruh modul elektronik kimia terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada materi termokimia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 84–88. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.393

Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan modul kimia berbasis kontekstual untuk membangun pemahaman konsep siswa pada materi asam basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25-36. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/hydrogen/article/view/1653

Cahyono, B., Sutarto, S., & Mahardika, I. (2017). Model pembelajaran REACT (Relating,Experiencing,Applying,Cooperating, Transfering) disertai media video kejadian fisika terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Edukasi, 4(3), 20-24. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6155

Crawford, M. L. (2001). Teaching contextually: Research, rationale, and techniques for improving student motivation and achievement. Waco: CCI Publishing.

Hardinata, A. (2018). Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan modul berbahasa inggris dan buku bilingual pada materi laju reaksi kelas XI SMA. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 1(1), 6-12. Retrieved from http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/4

Hidayatussani, H., Hadisaputra, S., & Al-Idrus, S. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnokimia terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari. Chemistry Education Practice, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1687

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar mata kuliah pengantar profesi guru biologi di pendidikan biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. BIO-PEDAGOGI: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 96-99. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.27636

Ismawati, R. (2017). Strategi react dalam pembelajaran kimia SMA. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 1-7. Retrieved https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/ijose/article/view/413.

Lestari, A. D. (2018). Efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap penguasaan konsep siswa SDN Kampung Jawa. Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Lestari, L., Sahputra, R., & Lestari, I. (2021). Penerapan model REACT terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 151-162. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i2.9396

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828

Mislinawati & Nurmasyitah. (2018). Kendala guru dalam menerapkan model-¬model pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 pada SD Negeri 62 Banda Aceh. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6 (2), 22-32. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12194

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25-50. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Muhtarom, H. & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran abad 21 terhadap pembelajaran sejarah Eropa. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 3(2), 59-65. Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari/article/view/2519

Prastowo,A. (2011). Pengembangan sumber belajar. Yogyakarta: Pedagogia

Prastowo,A. (2014). Pengembagan bahan ajar tematik: Tinjauan teoritis dan praktek. Jakarta: Kencana

Rahmawati, Y., Ridwan, A., & Nurbaity. (2017). Should we learn culture in chemistry classroom? Integration ethnochemistry in culturally responsive teaching. AIP Conference Proceedings, 1868, . https://doi.org/10.1063/1.4995108

Rahmawati,Y. & Ridwan,A. (2018). Bahan ajar asam basa berbasis CRT (Culturally Responsive Teaching). Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta.

Riani, I. F., Sulaiman, Mislinawati. (2017). Kendala guru dalam menerapkan model pembelajaran pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 88-97. Retrieved from https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/2536

Setyowati, W., Ibnu, S., & Kusumaningrum, I. K. (2020). Penerapan model pembelajaran REACT-TPK terhadap pemahaman konsep siswa dengan kemampuan awal berbeda. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 414-420. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13322

Sihombing, S. N. & Marheni, M. (2012). Analisis kebutuhan dalam pembelajaran IPA kimia untuk pengembangan bahan ajar kimia SMP di DKI Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2(1), 119-126. https://doi.org/10.21009/JRPK.021.04

Singh, I. S., & Chibuye, B. (2016). Effect of ethnochemistry practices on secondary school students' attitude towards chemistry. Journal of Education and Practice, 7(17), 44-56.

Soi, Y. & Aiman, U. (September 2020). Pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis kearifan local terhadap penguasaan konsep siswa kelas V di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 24-30. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3643

Suardana, I. N. (2014). Analisis relevansi budaya lokal dengan materi kimia SMA untuk mengembangkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis budaya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 337- 347. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2916

Sudarmin. (2014). Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal (Konsep dan penerapannya dalam penelitian dan pembelajaran sains). Semarang: Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang.

Suhaimi, I. & Permatasari, F. (2021). Model pembelajaran abad 21 dan pembelajaran menulis kolaborasi. Jurnal Koulutus, 4(2), 211-223. Retrieved from https://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/715

Sukardjo & Sari, L. P. (2008). Penilaian hasil belajar kimia. Yogyakarta : FMIPA UNY.

Triwana, M. (2016). Studi tentang penerapan model culturally responsive teaching terintegrasi etnokimia pada materi hidrolis garam dalam pembelajaran kimia di kelas XI MIA. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta

Ultay, N., & Calik, M. (2016). A Comparison of different teaching designs of ‘acids and bases’ subject. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(1), 57-86. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1422a

Windayani, N., Hasanah, I., & Helsy, I. (2018). Analisis bahan ajar senyawa karbon berdasarkan kriteria keterhubungan representasi Kimia. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 83-93. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2682

Wiwik, Rambitan V. M., & Subagiyo L. (2018). Analisis permasalahan terkait kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran terintegrasi antara problem based learning dan discovery learning untuk peningkatan pemahaman konsep biologi siswa di SMA Negeri 1 Samarinda. Jurnal Biodik, 4(1), 26-35.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Anisatul Insyiroh. (2023). Pengembangan Modul Kimia berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering (REACT) bermuatan Etnokimia. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 5(2), 9–20. https://doi.org/10.14421/jtcre.2023.52-02

Issue

Section

Articles