Pengembangan Buku Pengayaan berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Air sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2023.52-03Keywords:
pengembangan, buku pengayaan, pendekatan kontekstual, sumber belajar mandiri, pencemaran airAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan berbasis kontekstual pada materi pencemaran air sebagai alternatif sumber belajar mandiri peserta didik SMA/MA dan mengetahui kualitas buku pengayaan yang telah dikembangkan dan mengetahui respon peserta didik terhadap buku pengayaan yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development (pengembangan). Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat pendidik SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian kualitas produk dengan skala Likert dan lembar respon peserta didik skala Guttman. Teknik analisis data dilakukan dengan mengubah data hasil penilaian dan respon yang berupa data kualitatif menjadi data kuantitatif. Kemudian dianalisis setiap aspeknya dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan presentase keidealan untuk menentukan kualitas buku pengayaan yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan berbasis kontekstual pada materi pencemaran air sebagai alternatif sumber belajar peserta didik dari penilaian ahli materi mendapatkan kategori baik (B) dengan presentase keidealan 80%. Penilaian ahli media mendapatkan kategori sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 86% dan penilaian pendidik SMA memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 89,29% serta respon 10 peserta didik mendapatkan presentase keidealan 90,83%.
Downloads
References
Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Patissera, A. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran konstektual terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Mimbar Ilmu, 24(2), 221–231. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Darmaji, Kurniawan, D. A., & Astalini. (2019). Mobile learning in higher education for the industrial revolution 4.0: perception and response of physics practicum. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(9), 4–20. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.10948
Dewi, P. yulia A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26.https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26
Felasifah, L., & Subyantoro, S. (2021). Pengembangan buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang bencana alam. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 69-79. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v10i1.46586
Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). The effectiveness of the scientific approach to improve student learning outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2), 86-91. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/13003
In'am, A., Hajar, S. (2017). Pembelajaran geometri melalui discovery learning menggunakan pendekatan saintifik. International Journal of Instruction, 10(1), 55-70.
Kurniasari, D. A. D., Rusilowati, A., & Subekti, N. (2014). Pengembangan buku suplemen IPA terpadu dengan tema pendengaran kelas VII. Unnes Science Education Journal, 3(2), 462-467.
Maryani, Effendi, H., & Sabantaro, H. (2020). Pengaruh pendekatan saintifik dalam proses belajar mengajar siswa kelas VIII materi lingkaran. Jurnal Derivat, 7(2), 65-74. Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/1053
Oktavianie, M. A., Irwandi, D., & Murniati, D. (2018). Pengembangan buku pengayaan kimia berbasis kontekstual pada konsep elektrokimia. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 22-31. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2594
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan ajar berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 54–58. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2008). Pedoman penulisan buku nonteks pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rediati, A. (1). Pengembangan buku pengayaan cara menulis teks penjelasan bermuatan nilai budaya local untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/seloka.v4i1.6849
Said, MI, Sutadji, E & Sugandi, M. (2016). Alat pembelajaran kooperatif berbasis pendekatan saintifik bagi siswa SMK program vokasi teknik ototronik (elektronik otomotif). Jurnal Penelitian & Metode Pendidikan, 6(3), 67-73. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6131
Setiawan, D. & I. Wilujeng. 2016. The development of scientific-approach based learning instruments integrated with red onion farming potency in Brebes Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 5(11), 22- 30. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5785
Sodik F & Wijaya, M. S. (2017). Implementing scientific approach of 2013 curriculum at KTSP-based school for teaching present continuous tense. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris,10(1), 16-28. https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v10i1.872
Subianto, B. & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683-1689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.900
Suharyadi, Permanasari, A., & Hermani. (2013). Pengembangan buku ajar berbasis kontekstual pada pokok bahasan asam dan basa. Journal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia Volume 1(1), 60-68.
Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantu media miniatur lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73-84. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970.
Suryani, N. & Dafit , F. (2022). Implementasi pogram adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 415–423. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50730
Yulkifli, Yanto, E., Agustia, R., Ihsan, I., & Yohandri. (2020). Development of electronic physics module for class XI High School semester 2 using model inquiry based learnin integrated approach contextual teaching and Learning. Journal of Research & Method in Education, 10(2), 41–52. https://doi.org/10.9790/7388-1002014152.
Zamzam, R. & Arifah, M. (2018). Penerapan program sekolah adiwiyata kepada karakter siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 1(1), 241-252. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2775