Pengembangan Youtube Bahan Belajar Dari Rumah Untuk Materi Persamaan Linear Satu Variabel Tingkat SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Youtube bahan belajar dari rumah yang dapat digunakan dalam pembelajaran persamaan linear satu variabel dan untuk mengetahui kelayakan Youtube bahan belajar dari rumah. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) model ADDIE, terdiri dari 5 tahapan yaitu : (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Hasil pada tahap analisis adalah mengetahui permasalahan dari hasil wawancara, observasi dan analisis materi kemudian peneliti memberikan solusi berupa pengembangan Youtube bahan belajar dari rumah. Tahap desain menghasilkan perencanaan isi materi, pemilihan software, perancangan isi angket dan pembuatan channel Youtube. Tahap pengembangan menghasilkan pembuatan video Youtube dan penilaian dari validator yang mencapai rata-rata 4,61 (sangat valid). Tahap implementasi memperoleh skor rata-rata dari angket respon peserta didik yaitu 4,31 (baik). Tahap evaluasi memperoleh hasil korelasi angket respon peserta didik dengan tes hasil belajar sebesar r = 0,719. Hasil penelitian ini berupa video Youtube bahan belajar dari rumah dengan channel “Cinta Matematika Kuy” untuk materi persamaan linear satu variabel. Video ini telah melalui uji kelayakan, dan dinyatakan layak digunakan subagai bahan belajar dari rumah.
Downloads
Article Details
References
Arcana, I. N., & P. (2020). Studi Kelayakan Produk Model ADDIE. In Samudra Biru.
Astuti, C. C. (2017). Analisis Kesulitan Merancang ERD Mata Kuliah Basis Data pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Budi Utomo Malang. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 20. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1127
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Faruq, F., Dafik, Suharto, Fatahillah, A., & Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Pokok Bahasan Barisan Aritmatika Berbantuan Microsoft Visual Basic. Kadikma, 9(2), 88–97.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Hermawan, L. I., Hobri, H., Murtikusuma, R. P., Setiawani, S., & Yudianto, E. (2018). Pengembangan E-Comic Berbantuan Pixton Pada Materi Program Linear Dua Variabel. Kadikma, 9(2), 78–88.
Junita, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2019). Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(03), 1–9.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Setyorini. (2020). Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13 ? Jiemar, 01(Juni), 95–102.
Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian & Pengembangan ( Research and Development ) (4th ed). Alfabeta.
Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan ) (3rd ed). Alfabeta.
Tahar, I. (n.d.). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh.
Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.