Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Selama Pembelajaran Daring
Main Article Content
Abstract
Kemampuan memecahkan masalah matematika adalah salah satu kemampuan dasar siswa dari pencapaian pembelajaran matematika. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah matematis siswa selama pembelajaran berani. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang membuka 10 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Bosowa Al Azhar Cilegon. Tes mengenai materi bangun datar adalah instrument yang dipakai dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa di kelas IV SD Bosowa Al Azhar siswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah sangat tinggi sebanyak 1 siswa atau setara dengan 10%, siswa yang memiliki kemampuan memecahkan masalah tinggi sebanyak 3 siswa atau setara dengan 30%,
Downloads
Article Details
References
Harini, F. L. (2006). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2005/2006 pada Pokok Bahasan Segiempat.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Rosmawati, R., Elniawati, S., & Murni, D. (2012). Kemampuan pemecahan masalah dan lembar kegiatan siswa berbasis problem solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Zulfah, Z. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Negeri Naumbai kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.23