Video Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat Ber-Subtitle Untuk Siswa Tunarungu
Main Article Content
Abstract
Materi operasi bilangan bulat merupakan materi mendasari semua materi matematika. Akan tetapi, siswa tuna rungu mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Terbatasnya jumlah media pembelajaran juga menjadi salah satu hambatan. Penelitin ini bertujuan mengembangkan media video pembelajaran matematika ber-subtitle untuk siswa tunarungu pada materi operasi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model Hannafin dan Peck. Model ini terdiri dari tiga fase yaitu fase analisis kebutuhan, fase desain, dan fase pengembangan atau implementasi. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi dari empat ahli, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran ber-subtitle untuk siswa tunarungu pada materi operasi bilangan bulat layak digunakan dengan nilai 3,27 yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan rincian dua ahli menyatakan sangat baik dan dua ahli menyatakan baik.
Downloads
Article Details
References
Al-Muwattho, F. P. (2018). Pengaruh pemberian apersepsi terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran akuntansi kelas xi sma islamiyah pontianak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 1–10.
Ario, M., & Asra, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709
Ashari, A. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Tunarungu di SDLB Negeri Kedungkandang. Voteknika Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 6(2), 1–5.
Askiyah, S. (2017). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Orang Tua Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Indeks DMF-T Anak Tunarungu SDLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Beni, K., Gita, I. N., & Suarsana, I. M. (2017). Media Pembelajaran Matematika Interaktif untuk Siswa Tunarungu: Perancangan dan Validasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) Ke-8, September, 16–22.
Choiriyah, N. (2011). Pengaruh Pemberian Apersepsi Tanya Jawab terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Aritmatika Sosial Pada Peserta Didik Kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. IAIN Walisongo.
Entin, L. N. (2017). Pengembangan Media Youtube Dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian Di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 02, Nomor, 270.
Farihah, I., & Saidah, K. R. (2014). Pendidikan bagi Anak Jalanan (Analisis Sosiologis Anak Jalanan di Desa Sosial Kaligelis Kudus). In ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul ….
Gunawan, A. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 9(2), 216–225. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.216-225
Hadiansyah, T. (2018). Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/Tv Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. UNS.
Handayani, E. S., -, P., & Anwar, M. (2017). Peningkatan Pemahaman Dongeng Anak Tunarungu Melalui Simulation Based Learning. PEDAGOGIA, 15(2), 161. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i2.8093
Hasyim, A,. Adha, M. M. (2012). Pengaruh Tingkat Intensitas Pemberian Latihan Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kultur Demokrasi, 1(2).
Husain, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII A SMP Negeri 6 Duampanua Kabupaten Pinrang. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2003). http://jdih.pertanian.go.id/
Jauhary, M. A. F., & Rosidah, E. (2019). Pengaruh Apersepsi Pada Pelajaran Fikih dalam Membangun Kelas Humanis Religius Siswa. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 125. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2035
Kalisni. (2013). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Media Korek Api Bagi Anak Tunarungu. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(2), 80–91.
Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 8(1), 10–15.
Khikmiyah, F., & Aisyiyah Rakhma D, P. (2019). Mathematics Literacy Mobile Learning Application: Pengembangan Bahan Ajar Literasi Matematika Berbasis Android. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 25(2), 128. https://doi.org/10.30587/didaktika.v25i2.881
Kurniawan, K. U., Parmiti, D. P., & Tastra, I. D. K. (2016). Pengembangan Multimedia Ular Tangga Model Hannafin dan Peck untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).
Magdalena, I., Septiarini, A. A., & Nurhaliza, S. (2020). Penerapan Model-Model Desain Pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri 12 Jakarta Barat. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosia, 2(2), 241–265.
Mudjiyanto, B. (2018). Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Bagian B Kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 151. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220205
Mulyadi. (2015). Pembelajaran Matematika di Sekolah Luar Biasa (SLB) Khusus Tunarungu Karnnamanohara Yogyakarta Tingkat SMP.
Mulyani, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Perkalian Bilangan Bulat 6-10 Melalui Metode Jarimatika Bagi Anak Tunarungu. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1(2), 150–160.
Mumbunan, M. (2013). Perlindungan Hukum Terhadap Hak Pendidikan Anak di Bawah Umur. Lex et Societatis, I(4), 129–142.
Negoro, R. A., Susanto, H., & Rusilowati, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fotonovela Berbantuan Audio Materi Bunyi Untuk Siswa Tunarungu SMP LB/MTs LB. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 74–80. https://doi.org/10.15294/upej.v6i2.16075
Noviyanti, N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Audio Visual Aids (AVA) pada Siswa Tunarungu. JURNAL TIKA, 5(3), 116–122. https://doi.org/10.51179/tika.v5i3.107
Nurbayani, S. (2017). Menumbuhkan Kreativitas Anak Tunarungu dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SLB Negeri 2 Padang. E-Jurnal Sendratasik, 6(1), 18–27.
Nurmasyitha, & Hajrah. (2021). Apersepsi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Youtube. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 64–69.
Octaviani, R., Widdah, M. El, & Fatmawati, K. (2020). Problematika Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri.
Permatasari, K., Degeng, I. N., & Adi, E. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268–277. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p268
Purba, T. A. (2019). 70 Persen Anak Berkebutuhan Khusus Tak Dapat Pendidikan Layak.
Putra, K. A. A. J., Suarsana, M., & Suharta, G. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan untuk Siswa SMPLB Tunarungu dengan Pendekatan Multi Representasi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI |, 9(2), 158–170.
Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logik dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19.
Rakhman, A. (2014). Perbandingan Model Pembelajaran Personal terhadap Hasil Belajar Dribbling dalam Pembelajaran Sepakbola. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ramdiana, H. (2020). Apersepsi Pembelajaran Melalui Cerita-Cerita Lucu untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Profesionalisme Guru dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di SMAN 21 Garut. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 18–28. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p018
Respati, P. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Balok Dan Kubus Bagi Siswa Tunarungu Kelas IX di SMPLB-B YPTB Malang.
Sabila, H., & Kurniawati, F. (2019). Parental Attitudes of Preschool Children toward Students with Special Needs in Inclusive and Non-Inclusive Kindergartens: A Comparative Study. https://doi.org/10.2991/iciap-18.2019.51
Salim, A. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Multikomunikasi Untuk Siswa Kelas IV SDLB Penyandang Tunarungu dan Wicara. XII(1), 77–95.
Sani, M. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i3.6031
Suarcita, G. P., Astawa, I. W. P., & Suarsana, I. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Dengan Pendekatan Multi Representasi Pada Materi Bilangan Bulat Untuk Siswa SMPLB Tunarungu Kelas VII. Akademika, 9(01), 69–84. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.731
Suardi, F., Sulfasyah, S., & Nur, H. (2019). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(1), 33–43. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1796
Sukmawaty, W. E. P. (2019). Model Pembelajaran untuk Anak Tunarungu Pada Mata Kuliah Tata Busana. ICODIE: The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 3-4 Desember, 111–124.
Suriwati, L. M., Nilakusumawati, D. P. E., & Sumarjana, I. W. (2014). Efektivitas Pembelajaran Dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tuna ... Seminar Nasional Matematika 2014, Universitas Udayana, 165–170.
Swastantri, N. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran MOBAR (monopoli bangun ruang) bagi siswa tunarungu untuk pengenalan bentuk benda bangun ruang kelas rendah. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9.
Umam, K., Nugroho, Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pemahaman Konsep Matematika melalui Media Youtube dengan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01), 96–106.
Wahyuddin, W. (2017). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.9
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. In Graha ilmu.
Yulianto, F. E., Kurnadi, B., Basri, H., Jannah, U. R., & Zayyadi, M. (2021). Model Inovasi Pembelajaran Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Mbk) Berbasis Video Bersubtitle. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 10–19.
Yusuf, M. (2013). Tanggung Jawab Negara Terhadap Hak Pendidikan Bagi Warga Negara Indonesia Berdasarkan UUD 1945. 1–210.
Zahroh, F., Habibi, H., & Herowati, H. (2018). Pengembangan Media Video Sains Interaktif Untuk Siswa SLB Tunarungu. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v1i2.7