Efektivitas pemberian soal tipe HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa

Main Article Content

Muhamad Nur Habib
Muhammad Istiqlal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian soal tipe HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII MTs SA Al-Idrus Repaking Wonosamodro Boyolali Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ada 2 yaitu siswa kelas VII A dan kelas VII B yang berjumlah masing-masing 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII A sebagai kelas Eksperimen dan 20 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pemilihan sampel dengan menggunakan metode sampel jenuh. Uji prasyarat terdiri dari Uji Homogenitas dan Uji Normalitas.  Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t untuk menguji secara parsial dan uji-F untuk menguji variabel secara Bersama-sama. Hasil analsis dari penelitian ini diperoleh thitung = 3,564 dan ttabel = 2,025. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol, dengan kata lain pemberian soal tipe HOTS efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pokok himpunan. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata post tes siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 78,75 lebih besar dari nilai siswa kelas kontrol yang hanya memperoleh nilai rata-rata 66,75.

Downloads

Article Details

How to Cite
Habib, M. N., & Istiqlal, M. (2022). Efektivitas pemberian soal tipe HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 78–86. https://doi.org/10.14421/quadratic.2022.022-02
Section
Articles

References

Azwar, S. (2013). Metode penelitian (Edisi ke-1). Pustaka Pelajar.

Fadillah, S., & Jamilah, J. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 106–113. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal HOTS pada Kurikulum 2013. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Hartini, T., Misri, M. A., & Nursuprianah, I. (2018). PEMETAAN HOTS SISWA BERDASARKAN STANDAR PISA DAN TIMSS UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. EduMa, 7(1), 83–92.

Herawati, R., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen Hots pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain Dengan Benda-Benda Di Sekitar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 151–159.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from elementary to master students in environmental learning. European Journal of Educational Research, volume-8-2(volume8-issue4.html), 935–942. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.935

Intan, F. M., Kuntoro, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6–10.

Jailani, Sugiman, & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674

Kartikaningrum, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Tertulis Siswa SMP dalam Menyelesaiakn Soal HOTS Model TIMSS.

Lestari, A., Saepulrohman, A., & Hamdu, G. (2016). PENGEMBANGAN SOAL TES BERBASIS HOTS. Pedadidaktika Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Lidinillah, D., & Muiz, A. (2008). Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar.

M. N. B. B. Bakry. (2015). The Process of Thinking among Junior High School Students in Solving HOTS Question. International Journal of Evaluation and Research in Education, 4(3), 138–145.

Musfiqi, S., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45–59. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9063

NCTM. (1998). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics Overview. J Equine Vet Sci, 18(11), 719.

NCTM. (2000). Executive Summary: Principles and Standards for School Mathematics Overview.

Nurina, D. L., & Retnawati, H. (2015). Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Open-Ended Ditinjau Dari HOTS. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 129. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9128

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Paridjo, P., & Waluya, S. B. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra Based NCTM. IOSR Journal of Mathematics, 13(1), 60–66. https://doi.org/10.9790/5728-1301056066

Pogrow, S. (2005). HOTS Revisited: A Thinking Development Approach to Reducing the Learning Gap after Grade 3. Phi Delta Kappan, 87(1), 64–75. https://doi.org/10.1177/003172170508700111

Pratiwi, S. A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mengacu Kurikulum 2013 Subtema Jenis-jenis Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal INDI (Inovasi Didaktif).

Rizki, M. (2018). PROFIL PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA OLEH SISWA KELOMPOK DASAR. Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18, 271–286.

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8379

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan ( Research and Development ) (4th ed). Alfabeta.

Suhendro, Sugandi, D., & Ruhimat, M. (2021). The urgency of HOTS-oriented learning and assessment towards quality of education in facing Indonesia Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210715.052

Sulianto, O. J., & Sary, R. M. (n.d.). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa pada materi Matematika di Sekolah Dasar dengan Pembelajaran Pemecahan Masalah.

Sumantri, C. M. S., & Widjajanti, D. B. (2019). Increasing HOTS and student belief towards mathematics through learning with a roleplaying method. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1), 012049. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012049

TIMSS 2019. (2019). U.S. Highlights Web Report (NCES 2021-021). Department of Education. Institute of Education Sciences, National Center for Education Statistics. https://nces.ed.gov/timss/results19/index.asp