Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Menggunakan LKPD Berbantuan Whatsapp Group Berdasarkan Gender
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik SMP menggunakan LKPD berbantuan WhatsApp Group berdasarkan gender. Metode penelitian menggunakan tindakan kelas tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, lembar observasi, dan wawancara. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan uji one sample t-test. Hasil penelitian sebelum tindakan didapatkan rata-rata motivasi peserta didik laki-laki 22.73 dan perempuan 25.41. Setelah diberikan tindakan 3 siklus didapatkan nilai rata-rata peserta didik laki-laki 24,47, 25,13 dan 26,33. Nilai rata-rata peserta didik perempuan 26,65, 27,41 dan 29,18. Hasil uji t pada 3 siklus didapatkan nilai berturut-turut 0,029, 0,035, dan 0,03. Hasil ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Sedangkan hasil belajar sebelum diberikan tindakan didapatkan nilai rata-rata peserta didik laki-laki 42,00 dan perempuan 60,59. Setelah diberikan tindakan 3 siklus didapatkan nilai rata-rata peserta didik laki-laki 58,33, 70,67, dan 78,67. Nilai rata-rata peserta didik perempuan 71,18, 83,53, dan 88,24. Hasil Uji t pada siklus 1 dan 2 berturut-turut 0,042, dan 0,035. Sedangkan pada siklus 3 tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik berdasarkan gender. Berdasarkan analisis data maka penggunaan LKPD berbantuan WhatsApp Group kelas VIIIA efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika yang didasarkan pada perbedaan gender.
Kata Kunci: Gender, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika
Downloads
Article Details
References
[2] Altrichter, H., Kemmis, S., Mctaggart, R., & Zuber-Skerritt, O. (2002). The concept of action research. The Learning Organization, 9(3), 125–131. https://doi.org/10.1108/09696470210428840
[3] Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
[4] Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 13.
[5] Dinata Saragi, M. P., & Suryani, R. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berjenis Kelamin Perempuan Dan Laki-Laki Smk Swasta Bandung. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i1.3197
[6] Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395–408. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1443
[7] Fitri, W. J. W., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Permasalahan pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 melalui whatsapp group. Jurnal Analisa, 7(2), 195–206. https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.14761
[8] Hadi Prabowo, S., Fakhruddin, A., Rohman, M., Pendidikan Indonesia, U., Bustanul, S., & Lampung Tengah, U. (2020). Al-Tadzkiyyah: PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 191–207.
[9] Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan. JIPMat, 5(2), 173–184. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6777
[10] Hatip, A., & Listiana, Y. (2019). MINAT, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM E-LEARNING BERBASIS EDMODO. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 485–496.
[11] Kodariyati, L., & Astuti, B. (2018). Pengaruh Karakteristik Gender dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166–176. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf
[12] Kurniawati, W. D., Arigiyati, T. A., & Taufiq, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Group Berbantuan LKPD Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 329–339. https://doi.org/10.30738/union.v9i3.10000
[13] Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00
[14] Nurwahid, M. (2021). Korelasi antara Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1127–1137. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596
[15] Rahartri. (2019). “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156.
[16] Sardiman. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[17] Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
[18] Syafaruddin, Dewi, I. N., & Utami, S. D. (2021). Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan. Terapan, Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Dan, 1(1), 1–11. https://e-journal.lp3kamandanu.com/index.php/panthera/
[19] Tri Putri, S., & Rahman Munandar, D. (2021). Analisis Kendala Pembelajaran Matematika Berbasis Online (E-Learning) Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 320–327. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.811
[20] Wajdi, M. B. N., Iwan Kuswandi, Umar Al Faruq, Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Education Policy Overcome Coronavirus, A Study of Indonesians. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 3(2), 96–106. https://doi.org/10.29062/edu.v3i2.42
[21] Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring (Online) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3107