FAKTOR PENYEBAB MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Salah satu penyebab munculnya rasa malas belajar matematika yaitu karena rendahnya motivasi belajar matematika peserta didik. Hal tersebut menjadi latar belakang terjadinya penelitian ini. Tujuan dari penulisan ini untuk merangkum faktor-faktor yang menyebabkan motivasi belajar matematika pada peserta didik dan untuk mengetahui apakah ada korelasi atau tidak antara motivasi belajar matematika peserta didik dengan hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari, mengumpulkan dan menelaah artikel yang berkaitan dengan faktor motivasi belajar matematika. Setelah mengumpulkan data dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh kemudian diambil kesimpulan oleh penulis sebagai hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian diperoleh dari artikel yang memuat tentang faktor yang menjadi penyebab motivasi belajar matematika yang terbagi menjadi faktor eksternal yaitu faktor sarana belajar, faktor teman sebaya, dan faktor keluarga dan faktor internal yaitu faktor minat, faktor perhatian, faktor kemampuan diri, faktor kesehatan, faktor waktu, faktor kebiasaan belajar peserta didik. Selain itu, terdapat korelasi antara motivasi belajar matematika peserta didik dengan hasil belajar matematika peserta didik.
Downloads
Article Details
References
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling. Jurnal Mahapeserta didik Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/230614535.pdf
Hikmah, S. N. & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.5(1), 49. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2552/1093
Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 134. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.
Rismawati, M., Khairiati, E., & Khatulistiwa, P. STKIP. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Peserta didik Pada Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 295–306. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1129
Naibaho, S. W., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MTs NEGERI 1 TAPANULI TENGAH DISAAT PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304–312. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2596
Prihatini, N. (2018). Analisis Berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta didik Kelas Iv Sdn 3 Tebaban. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 56. https://doi.org/10.29408/didika.v4i1.1198
Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108.
Sabrina, R., Fauzi, Yamin, M. (2017). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT GEUCEU ACEH BESAR. 2(July), 1–23.
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Gmail.Com, 2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Peserta didik Kelas Xi, 10, 95–108.
Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 6. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jim/article/view/849/568#
Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Pendidik dan Peserta didik, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2016.