PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU SINA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN

Authors

  • Abu Aman UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Ali Sibro Mulisi UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.14421/lijid.v6i2.4318

Abstract

Abstract

This study aims to examine the correlation of education according to Ibn Sina's thought and education according to the Qur'an. This research is a literacy study, tracing references or sources in the form of articles and journals to obtain data and references related to Ibn Sina's thought. This research model is historical factual. The method used is interpretation, this method tries to describe the contents of the book and other sources accurately. The second method is induction and deduction, by analyzing all parts one by one from the references found in relation to the others or called induction. Data collection and analysis techniques were carried out with reference to the method used. After doing the analysis, then comparisons are made in terms of similarities from various sources so as to produce conclusions about Ibn Sina's educational thinking which is directed at developing all the potential that a person has towards perfect development and efforts to prepare a person to be able to live in society together by doing work or the expertise he chooses according to his talent, readiness, inclination and potential as well as comparisons of education according to the Qur'an which include al-Tarbiyah, al-Ta'lim, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaquh, al -Ta'aqul, al-Tadabbur, al-Tadzkirah, al-Tafakkur, al-Mau'idzah.

Keyword: education; ibnu sini; Al-qur’an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji korelasi pendidikan menurut pemikiran ibnu sina dan pendidikan menurut Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian studi literasi, menelusuri referensi atau sumber-sumber baik berupa artikel maupun jurnal untuk memperoleh data dan referensi yang berkaitan pemikiran ibnu sina. Model penelitian ini bersifat historis faktual. Metode yang digunakan ialah interpretasi, metode ini berusaha menguraikan isi buku dan sumber-sumber lainnya secara tepat. Metode kedua adalah induksi dan deduksi, dengan menganalisis seluruh bagian satu per satu dari referensi-referensi yang ditemukan dalam hubungannya dengan yang lain atau disebut induksi. Teknik pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan mengacuh kepada metode yang digunakan. Setelah melakukan analisis, kemudian dilakukan perbandingan dalam hal persamaan dari berbagai sumber sehingga menghasilkan kesimpulan tentang pemikiran pendidikan ibnu sina yang bersifat arahan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki seseorang ke arah perkembangannya yang sempurna dan upaya mempersiapkan seseorang agar dapat hidup di masyarakat secara bersama dengan melakukan pekerjaan atau keahlian yang dipilihnya sesuai dengan bakat, kesiapan, kecenderugan dan potensi yang dimilikinya serta perbandingan mendidikan menurut Al-Qur’an yang diantaranya adalah al-Tarbiyah, al-Ta’lim, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaquh, al-Ta’aqul, al-Tadabbur, al-Tadzkirah, al- Tafakkur, al-Mau’idzah.

Kata kunci: pendidikan; ibnu sini; Al-qur’an

Abstract viewed: 582 times | pdf downloaded = 347 times

References

Abdul, Syukur Abu Bakar. “Sistem Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Kreatif 1 (2020).

Abusama, Qomaria. “Actuating Pendidikan Dalam Pandangan Al-Qur’an Dan Hadits.” Jurnal Al-Himayah 4 (2020).

Ahmad, I. S.. Misteri Potensi Gaib Manusia. Jakarta: Qisthi Press, 2011.

Ahmad, R. S. Ibnu Sina Ilmuan, Pujangga, Filsuf Besar Dunia, Yogyakarta: Sociality, 2017.

Al Wizar. . Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina, Vol, 40, No. 1, 2015.

Arroisi Jarman, A. et.al. (Psikologi Islam Ibnu Sina, Studi Analisis Kritis Tentang Konsep jiwa Persfektif Ibnu Sina)

Atang, H. A., & Saebani Ahmada Beni, S. A. Filsafat Umum Dari Metologi Sampai Teofilosofi, Bandung: CV Pustaka Setia, 2018.

Atmonadi. Kun Fayakun Man Arofa Nafsahu Araofa Robbahu Menyingkap Tauhid Hamba Allah, Yogyakarta: Atmoon Self publishing, 2018

Amrullah, Djumransjah Dan Abdul Malik Karim. Pendidikan Islam: Menggali Tradisi Meneguhkan Eksistensi. Malang: UIN-Malang Press, 2007.

Chudzaifah, Muh. Muhyiddin Dan Ibnu. “Konsep Pendidikan Perspektif Al-Qur’an: Kajian Tematik.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam 7 (2021).

Darwis, Maidar. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, no. 2 (2013): 240–58. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.476.

Ismail, Roni. “Kecerdasan Spiritual dan Kebahagiaan Hidup”, Refleksi, Vol. 12, No. 1, Januari 2012.

Ismail, Roni. Menuju Hidup Islami. Yogyakarta: Insan Madani, 2009.

Ismail, Roni. Menuju Hidup Rahmatan Lil’alamin. Yogyakarta: Suka Press, 2016.

Hanafi Ahmad, H.. Pengantar Filsafat Islam, Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1996.

Herwansyah.. Pemikiran Filsafat Ibnu Sina, Vol, 1, No 1, 2017.

Irawan Nova Eko, I. N.. Buku Pintar Pemikiran-Pemikiran Tokoh-Tokoh Psikologi, Yogyakarta: IRCISOD, 2015.

Maidar, D. Konsep Pendidikan Islam Dalam Persfektif Ibnu Sina, Vol, XIII, No 2, 2013.

Muhammad, J. G. 147 Ilmuan Terkemuka dalam Sejarah Islam, Pustaka Al-Kautsar

Nur, Abdullah. “Ibnu Sina: Pemikiran Fisafatnya Tentang Al-Fayd, Al-Nafs, Al-Nubuwwah, Dan Al-Wujûd.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 6, no. 1 (2009): 105. https://doi.org/10.24239/jsi.v6i1.123.105-116.

Parlaungan, Parlaungan, Haidar Putra Daulay, and Zaini Dahlan. “Pemikiran Ibnu Sina Dalam Bidang Filsafat.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021): 79–93. https://doi.org/10.51672/jbpi.v2i1.51.

Putra, Aris Try Andreas. “Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Kontemporer.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 6, no. 2 (2016): 191. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).191-201.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.

Rasyid, Idris. “Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang Tujuan Pendidikan , Kurikulum , Metode Pembelajaran , Dan Guru Ibn Sina ’ s Educational Concept of Educational Objectives , Curriculum , Learning Methods , and Teachers.” EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 18 18, no. 1 (2019): 779–90.

Rokhimin. Tafsir Tarbawi: Kajian Analisis Dan Penerapan Ayat-Ayat Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Nusa Media, 2008.

Sada, Heru Juabdin. “Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6 (2015).

Sholichah, Aas Siti. “Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam 07 (2018).

Triyoga, Bambang. “Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I.” Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 8, no. 1 (2021): 1463–82. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i5.22874.

Wisudaningsih, Endah Tri. “Konsep Actuating Dalam Alquran Dan Hadits.” Jurnal Humanistika, Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong Kraksaan 4 (2018).

Sifia, H. Dialog Filsafat Dengan Teologis, Bandung: Tafakur, 2014.

Zaprulkhan. Pengantar Filsafat Islam. Yogyakarta: IRCISOD, 2019.

Downloads

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles