FILSAFAT MUHAMMAD ABID AL-JABIRI DALAM TELAAH EPISTEMOLOGI BURHANI SINERGI NALAR ISLAM

Authors

  • Maman Lukmanul Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Luthfi Jalaludin Al-Habibi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.14421/lijid.v7i2.5425

Abstract

This research aims to discuss the study of Muhammad Abid Al-Jabiri Philosophy in Epistemology (Burhani) Synergy of Islamic Reason. This research uses a qualitative approach and applies descriptive-analytical methods. Philosophy is Positioned as a formal object, the material object is Muhammad Abid Al-Jabiri and the context is Epistemology (Burhani) and Islamic Reason. The result and discussion in this research show that Muhammad Abid Al-Jabiri Philosophy through his throughts on Islamic Reason is embedded in Burhani’s epistemologi through his curiosity about the domination of science which is based on the use of reason as the main human ability to obtain knowledge using the method of deducation. Culture it self a cultural heritage, thought, religion, literature, art, philosophy, sufism and kalam that comes from the past. This research concludes that Muhammad Abid Al-Jabiri, Epistemology Burhani (Philosophy) is relevant to be used synergi Islamic Reason and understand of texts and implied and explicit meanings in reality cause and effect (asbabun nuzul) of Islamic reason traditions in the present so as to forget the traditions of the history.

Keywords: Epistemology Burhani; Islamic Reason; Muhammad Abid Al-Jabiri; Phylosophy; Turath

 

Penelitian ini bertujuan untuk membahas Telaah Filsafat Muhammad Abid Al-Jabiri dalam Epistemologi (Burhani) Sinergi Nalar Islam, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menerapkan metode deskriptif-analitis, Filsafat di posisikan sebagai objek formal, objek materialnya Muhammad Abid Al-Jabiri serta konteksnya Epistemologi (Burhani) dan Nalar Islam. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Filsafat Muhammad Abid Al-Jabiri melalui pemikirannya tentang Nalar Islam tertera pada Epistemologi Burhani melalui rasa ingin tahunya pada pendominasian ilmu pengetahuan yang didasari dengan penggunaan akal untuk kemampuan utama manusia memperoleh ilmu pengetahuan tersebut dengan metode deduksi. Kebudayaan sendiri merupakan suatu warisan budaya, pemikiran, agama, sastra, seni, filsafat, tasawwuf dan kalam yang hadir dari kita maupun orang lain, baik itu dekat dan jauh, menyertai kekinian kita yang datang dari masa lalu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Epistemologi Burhani (Filsafat) Muhammad Abid Al-Jabiri relevan digunakan untuk mensinergikan Nalar Islam serta pemahaman akan teks dan makna yang tersirat serta tersurat dalam mengejawantahkan sebab-akibat (asbabun nuzul) tradisi nalar Islam pada masa sekarang hingga tidak melupakan tradisi masa lalu.

Kata kunci: Epistemologi Burhani; Filsafat; Muhammad Abid Al-Jabiri; Nalar Islam; Turath

Abstract viewed: 207 times | pdf downloaded = 50 times

References

Anwar, Firdausy M. “Filsafat Mohammad Abid Al Jabiri Dan Relevansinya Dalam Pemikiran Islam Kontemporer.” Ulul Albab, 2009.

Ahmad Tafsir. (2018). FILSAFAT UMUM: AKAL DAN HATI SEJAK THALES SAMPAI CAPRA. PENERBIT: PT. REMAJA ROSDAKARYA BANDUNG.

Asya’ry, and Mahfudz Ridwan. “Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan ( JASIKA ) Melacak Perkembangan Filsafat Ilmu : Tinjauan Historis Dan Logika Penalaranya.” Jurnal Studi Islam Dan … 4, no. 1 (2024): 1–16. https://jasika.umy.ac.id/index.php/jasika/article/view/81.

Azizah, Alvi Nur. “Epistemologi Pemikiran Islam Menurut Abid Al-Jabiri” 2, no. 1 (2023).

Badruzaman, Dudi. “Perkembangan Paradigma Epistemologi Dalam Filsafat Islam.” Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 8, no. 2 (2019): 44–60. https://doi.org/10.36781/kaca.v8i2.3014.

Beggy, Miranda, and Ellya Roza. “Epistemologi Nalar Bayani , Burhani Dan Irfani Dalam Filsafat Pendidikan Islam,” n.d., 141–52. https://doi.org/10.30868/im.v7i01.4998.

Damanik, Nurliana. “Muhammad Abid Al-Jabiri.” Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam 1, no. 2 (2019). https://doi.org/10.51900/alhikmah.v1i2.4843.

Darmalaksana, Wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Faishol, M. “Struktur Nalar Arab-Islam Menurut ‘Âbid Al-Jâbirî.” Religió: Jurnal Studi Agama-Agama 3, no. 2 (2013): 155–86. http://religio.uinsby.ac.id/index.php/religio/article/view/35.

Fuadi. “Fungsi Nalarmenurut Muhammad Arkoun.” Substantia 18, no. April (2016): 35–50.

Hafizallah, Yandi. “Pemikiran Abed Al-Jabiri Terhadap Nalar Arab.” Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 10, no. 1 (2019): 60–76. https://doi.org/10.32923/maw.v10i1.742.

Ismail, Roni. Menuju Hidup Islami. Yogyakarta: Insan Madani, 2009.

Ismail, Roni. Menuju Muslim Rahmatan Lil’alamin. Yogyakarta: Suka Press, 2016.

Syahputra, Heru. “Kalam Dan Filsafat Islam Di Tengah Pergumulan Pemikiran Islam Di Indonesia.” Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam 3, no. 2 (2022): 181–91. https://doi.org/10.51900/alhikmah.v3i2.11022.Iu Rusliana. (2023). FILSAFAT ILMU Bahan Ajar Mata Kuliah Filsafat Ilmu Mahasiswa PTAI dan Umum. Penerbit: PT. Refika Aditama, Cet-3, ISBN: 978-623-6232-80-4.

Khairina, Arini Izzati. “Kritik Epistimologi Nalar Arab Muhammad Abed Al-Jabiri.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 4, no. 1 (2016): 103–14. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2353.

Moh Qoyyim. (2024). Bangunan Trilogi Epistemologi dalam Integrasi Ilmu Abid Al-Jabiri. Jurnal RVORMA, Vol. 4, No. 1, E-ISSN: 2808-4217, P-ISSN: 2808-6880

Fathul Mufid. (2013). PERKEMBANGAN PARADIGMA EPISTEMOLOGI DALAM FILSSAFAT ISLAM. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 17, No. 1

Parluhutan, A. (2020). Objek Formal & Material Filsafat Ilmu serta Implikasinya dalam Pendidikan. Jurnal Pionir, 6(2)

Ridwan, Muannif, Suhar AM, Bahrul Ulum, and Fauzi Muhammad. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah.” Jurnal Masohi 2, no. 1 (2021): 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427.

Riyadi, Ahmad, and Khojir Khojir. “Esensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo 2, no. 3 (2021): 131–38. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i3.4108.

Rohmanu, Abid. Kritik Nalar Qiyasi Al-Jabiri : Dari Nalar Qiasi Bayani Ke Nalar Qiayasi Burhani Research Repository of IAIN Ponorogo, 2014. http://repository.iainponorogo.ac.id/99/.

Salim, M. Abdulloh, and Harum Ita Puspita Sari. “Peta Epistemologi Ilmu Keislaman Muhammad Abid Al – Jabiri.” An-Nibraas: Jurnal Pemikiran Islam 2, no. 01 (2023): 1–18.

Shobirin, Abdurrahman, and Agung Yusup. “Struktur Nalar Arab Menurut Abid Al-Jabiri.” Indonesian Journal of Islamic Education and Local Culture (IJIELC) 1, no. 2 (2023): 61–74.

Siti Aisyah. (2015). MEMBACA AL-JABIRI: MENGGALI INSPIRASI DARI POST-TRADISIONALISME ISLAM. Jurnal Pusaka.

Sovia, Sheyla Nichlatus. “Kritik Nalar Islam: Telaah Hermeneutik Dalam Pemikiran Mohammed Arkoun.” Empirisma: Jurnal Pemikiran Dan Kebudayaan Islam 30, no. 2 (2021): 121–34.

Suprianto, Hendra, Kata Kunci, Epistemologi dan Metodologi, Estetika dan Etika, Logika dan Metafisika, and Sejarah Filsafat. “Metafisika, Epistemologi, Metodologi, Logika, Etika, Estetika, Dan Sejarah Filsafat.” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media 4, no. 2 (2024): 168–76.

Syahid, Ahmad. “Struktur Nalar Islam Perspektif Epistemologi Muhammad Abid Al-Jabiri.” Aqlania:Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam 12 No 1, no. 1 (2021): 53–74. https://media.neliti.com/media/publications/372379-none-a9d793be.pdf.

Syahputra, Heru. “Kalam Dan Filsafat Islam Di Tengah Pergumulan Pemikiran Islam Di Indonesia.” Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam 3, no. 2 (2022): 181–91. https://doi.org/10.51900/alhikmah.v3i2.11022.

Syar’i, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Filsafat Pendidikan Islam, 2020.

Widiadharma, Novian, Lasiyo, and Sindung Tjahjadi. “Teori Kausalitas Aristotelian.” Living Islam: Journal of Islamic Discourses 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.14421/lijid.v6i1.4397.

Rouf, M, A. (2017). NALAR ISLAM dari tanah Arab ke Tanah Air. IAIN Pontianak Press, ISBN: 978-602-5510-22-9.

Zakiy, Ahmad, Eko Saputra, and Mailani Ulfah. “Konstruksi Nalar Arab Dalam Buku Takwin Al-Aql Al- Araby Karya Muhammad Abid Al-Jabiri the Construction of Arabic Reason in the Book Takwin Al-Aql Al-Araby By Muhammad Abid Al-Jabiri.” Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO) 1, no. 1 (2024): 469–81.

Zaedun Na’im (2021). EPISTEMOLOGI ISLAM DALAM PERSPEKTIF M. ABID AL JABIRI. Jurnal Transformatif, Vol. 5, No. 2.

Downloads

Published

2024-08-20

Issue

Section

Articles