MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN: SUATU UPAYA MEMAJUKAN TRADISI

M. Thoriq Nurmadiansyah
* UIN Sunan Kalijaga

DOI: https://doi.org/10.14421/jmd.2016.%25x

Abstract


Pesantren merupakan institusi pendidikan keagamaan tertua di Indonesia.
Keberadaannya menjadi bagian penting dari dinamika sejarah dan perkembangan
peradaban bangsa. Sebagian ahli mengenal kebanyakan pesantren nusantara
dengan model sistem pendidikan berbasis tradisi. Di satu sisi, arus ini menjadi
semacam prinsip dan ideologi yang seyogyanya dipertahankan orisinalitasnya.
Namun di sisi yang lain, progresifitas dalam berbagai lini menjadi keniscayaan 

dalam rangka pemenuhan hajat kemanusiaan yang semakin dan terus berkembang
dan juga sebagai wujud kesiapan warga pesantren untuk bersaing dengan
masyarakat global. Oleh karena alasan kedua, maka pesantren membutuhkan
manajemen pendidikan yang terbarukan disesuaikan dengan kebutuhan zaman
dan utamanya menjadi jembatan akan pencapaian visi al-muhafadzah ‘ala alqadim
al-shalih wal-akhdzu bi al-jadid al-ashlah. Artikel ini mendiskusikan
berbagai hal yang memungkinkan bagi pesantren untuk selain menjadi poros utama
dalam pembentukan karakter bangsa juga memberikan kontribusi positif untuk
menjawab tantangan perkembangan dan kemajuan zaman. Manajemen tersebut
meliputi optimalisasi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sistem
pelaksanaan sistem pendidikan pesantren.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Pesantren, Tradisi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.