PRESENTASI DIRI BEAUTY INFLUENCER ABEL CANTIKA MELALUI YOUTUBE CHANNEL

Dhita Widya Putri

Abstract


Abstrak. Youtube sebagai media sosial telah menjadi sarana untuk mendapatkan informasi dan referensi. Seiring dengan meningkatnya kesadaran wanita akan penampilan, maka salah satu dari beragam konten media yang diminati di Youtube adalah konten tentang kecantikan. Abel Cantika, seorang pengisi konten kecantikan di Youtube atau bisa disebut beauty influencer, dalam waktu relatif singkat yaitu satu tahun, sudah bisa meraih jumlah pelanggan sebesar 150 ribu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Abel Cantika sebagai beauty influencer dalam memanfaatkan kanal Youtube untuk mempresentasikan diri, sehingga bisa diminati banyak orang. Dengan teori Dramaturgi oleh Erving Goffman, maka penelitian ini difokuskan pada panggung depan yang ditampilkan Abel Cantika di Youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif secara deskriptif melalui wawancara mendalam, dan dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Abel Cantika menampilkan jati dirinya yang asli, dan tidak menjadi diri orang lain, sehingga hasil presentasi diri yang muncul di Youtube bisa maksimal. Kata kunci: Presentasi Diri, Dramaturgi, Beauty Influencer, YouTube, Abel Cantika
 
Abstract. Youtube as a social media has become a means to obtain information and references. As women's awareness of appearance increases, one of the various media content that is in demand on Youtube is content about beauty. Abel Cantika, a filler of beauty content on Youtube or can be called a beauty influencer, in a relatively short time of one year, has been able to reach the number of customers of 150 thousand. This study aims to determine the efforts made by Abel Cantika as a beauty influencer in utilizing Youtube channels to present themselves, so that they can be attracted by many people. With Dramaturgi's theory by Erving Goffman, this research is focused on the front stage displayed by Abel Cantika on Youtube. The research method used was a descriptive qualitative approach through in-depth interviews, and analyzed by interactive models of Miles and Huberman. The results of this study indicate that Abel Cantika displays his true identity, and does not become the self of others, so that the results of self-presentation that appears on Youtube can be maximized. Keywords: Self Presentation, Dramaturgi, Beauty Influencer, YouTube, Abel Cantika

Keywords


Kata kunci: Presentasi Diri, Dramaturgi, Beauty Influencer, YouTube, Abel Cantika

Full Text:

PDF

References


Brandoutlet Magazine (2016). Diperoleh dari : http://magazine.brandoutlet.co.id/beauty- chitchat-with-abel-cantika.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2008

Burgess, J. dan Green, J. (2009). Youtube: Online Video and Participatory Culture. Cambridge Polity.

Henslin, J. M. (2006). Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi. Jakarta: Erlangga.

Leeuwis, C. (2013). Komunikasi Untuk Inovasi Pedesaan. Yogyakarta: Kanisius.

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar-Personal. Jakarta: Kencana Paranada Media.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2015). Information and Communication Technology, dan Literasi Media Digital. ASPIKOM.

Perdana, G.R. dan Ahmadi, D. (2015). Presentasi Diri Seleb Instagram Hijabers. Prosiding Penelitian Sivitas Akademia Unisba (Sosial Humaniora). ISSN 2460-6510. Diperoleh dari : http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2000

Pramono, A.B. (2007). Rakyat (Bukan) Tumba (Kekuasaan & Kekerasan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Susanta, J. dan Sumiyati. (2015). Strategi Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Anak di Dusun Seropan I.

Youtube Statistics, (September 2016). Website youtube diperoleh dari : https://www.youtube.com/yt/press/id/statistics.html.




DOI: https://doi.org/10.14421/pjk.v12i1.1583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.