Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain
PDF

Keywords

Kreativitas
Anak
Bermain

How to Cite

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19–27. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170

Abstract

Sebagai orang tua atau pendidik perlu mengembangkan serta memberikan berbagai stimulasi positif agar anak dapat menjadi kreatif. Kreativitas anak dapat dilihat dari cara bermain. Melalui bermain anak belajar mengenal diri dan lingkungannya, karena dengan bermain anak belajar. Ada berbagai macam jenis permainan yang dapat digunakan dalam mengembangkan kreativitas anak.Bermain memberikan kesenangan, kebahagian bagi anak dan memenuhi kebutuhan mereka. Jenis kegiatan bermain mempunyai sumbangan positif baik terhadap penyesuaian sosial maupun penyesuaian diri anak dan perkembangan emosi, kepribadian maupun perkembangan kognisinya.Bermain merupakan pengalaman belajar yang sangat berguna untuk anak dan memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan anak yaitu perkembangan fisik, sosial emosinal, kognitif atau intelektual serta bahasa. Selain itu manfaat yang didapatkan dari kegiatan bermain adalah mengembangkan kreativitas.Bermain dalam bentuk apapun baik aktif maupun pasif baik dengan alat maupun tanpa alat dapat menunjang kreativitas anak. Dengan bermain anak dapat menilai dirinya sendiri, kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat membantu pembentukan konsep diri yang positif yaitu mempunyai rasa percaya diri. Anak akan belajar cara bersikap dan bertingkah laku agar dapat bekerja sama dengan orang lain, jujur, murah hati dan sebagainya. Peran orang tua dan guru memfasilitasi anak dengan cara menyediakan sarana bermain yang aman, nyaman dan tepat sesuai dengan bakat, minat, perkembangan dan kebutuhan anak.
https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
PDF

References

Harso, A. T. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi.

Holt, J. 1989. Belajar Sepanjang Masa. Yogyakarta: Diglosia.

Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Latif, M. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Melati, R. 2012. Kiat Sukses Menjadi Pendidik PAUD yang Disukai Anak-anak. Yogyakarta: Araska.

Moeslichatoen, R. 1998. Metodologi Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Noorlaila, I. 2010. Buku Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Rachmawati, Y. & Kurniati, E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Rachmawati, Y. & Kurniati, E. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana.

Semiawan, C. R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sudono, A. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permanian Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Sujiono, J. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Tabrani, P. 2014. Proses Kreasi Gambar Anak Proses Belajar. Jakarta: Erlangga.

Tedjasaputra, M. S. 2001. BermainMainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  • Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  • Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.