Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas Penyandang Disabilitas Dalam Mengakses Pendidikan Tinggi

Andayani Andayani, Muhrisun Afandi

Abstract


Artikel ini merupakan bagian dari laporan hasil kegiatan pengabdian  masyarakat terkait advokasi terhadap komunitas difabel di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam mengakses pendidikan tinggi. Meskipun fokus dari kegiatan pengabdian ini adalah penyandang disabilitas  yang masih dalam rentang usia pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, namun kegiatan ini didesain untuk menjangkau (outreach) komunitas penyandang disabilitas  dalam skala luas, termasuk di dalamnya pemangku kebijakan dan pihak-pihat lain terkait pemenuhan hak pendidikan bagi penyandang disabilitas. Komunitas penyandang disabilitas  di Indonesia sendiri, dengan segala upaya yang dilakukan sejauh ini, telah terbukti banyak memberikan kontribusi yang signifikan, baik dalam meningkatkan posisi tawar mereka sebagai sebuah kelompok marginal dalam melakukan transformasi sosial maupun dalam mengakses hak-hak mereka di  masyarakat, termasuk hak atas pendidikan yang layak di semua jenjang.  Ironisnya,  pihak-pihak yang paling dekat dengan kehidupan penyandang disabilitas sendiri, seperti keluarga, teman dan support system lainnya masih kurang memberikan dukungan kepada mereka untuk mengakses pendidikan, terlebih pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karenanya, kegiatan pengabdian ini melibatkan semua support system di sekitar komunitas penyandang disabilitas. Tim pengabdian juga melakukan upaya advokasi kepada para pemangku kepentingan untuk memenuhi hak pendidikan komunitas ini sesuai dengan amanat regulasi nasional maupun instrumen hukum internasional.

Keywords


Penyandang Disabilitas; Difabel; Advokasi; Pemberdayaan; Pendidikan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Andayani, et al. (2012), Laporan Penelitian Problem Pembelajaran dan Strategi Coping Mahasiswa Tunarungu/Wicara di PTAIN: Studi Fenomenologis Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta: PSLD UIN Sunan Kalijaga)

Badan Pusat Statistik (BPS) (2001), Sensus Tahun 2000, (Jakarta: BPS)

Ballew, J.R., Mink, J. (1996), Case Management in Social Work, Developing The Professional Skills Needed For Work With Multiproblem Clients, 2nd Edition (USA: Charles C. Thomas Publisher)

Barker, R (2014), The Social Work Dictionary (6th ed.) (Washington, DC: NASW Press)

Canadian Association of Social Workers (CASW) (2005), Guidelines for Ethical Practice (Ottawa, ON: Author)

Fakih M. (2001), ‘Hak Asasi Manusia Ancaman dan Peluang Tegaknya Keadilan’, pengantar dalam buku Eko Prasetyo, HAM Kejahatan Negara dan Imperialisme Modal (Yogyakarta: Insist Press dan Pustaka Pelajar)

Huraerah A. (2011), Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat, Model dan Srtategi Pengembangan Berbasis Kerakyatan (Jakarta: Humaniora).

International Disability and Development Consortium (IDDC) (2016), Costing Equity: The Case for Disability-responsive Education Financing (Brussels: IDDC)

OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) (2003), Disability in Higher Education (Paris: OECD)

Perkins, D. & Zimmerman MA. (1999), ‘Empowerment Theory, Research and Application,’ American Journal of Community Psychology, Vol. 23, No. 5

Phillips S. & Clarke A. (2010), Pathways for Disabled Students to Tertiary Education and Employment: Case Studies from Ireland (Dublin: OECD Report)

Plan International Indonesia (2016), Child Rights Situation Analysis in Indonesia in 2016 (Jakarta: Plan International, unpublished)

PSLD UIN Sunan Kalijaga (2007), Eksklusi Sosial terhadap Mahasiswa Difabel di Lingkup UIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta: PSLD UIN Sunan Kalijaga)

SIGAP (2016), Laporan Tahunan 2014-2015 SIGAP (Yogyakarta: SIGAP)

The World Bank, AHED-UPESED, & PSLD UIN Sunan Kalijaga (2010), Equity and Access in Tertiery Education (Report Unpublished)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Andayani, Muhrisun Afandi

Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama

ISSN 1411-8777 (p), ISSN 2598-2176 (e)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 License.