Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung Dalam Mendorong Eksistensi dan Peningkatan Koperasi

Farid Hidayat

Abstract


Perkembangan perekonomian di Indonesia tidak bisa lepas dengan adanya perkembangan koperasi. Dari tahun ke tahun perkembangan koperasi mengalami pertumbuhan atau peningkatan, baik dari jumlah koperasi maupun koperasi yang aktif, sedangkan koperasi yang tidak aktif mengalami penurunan. Berdasarkan jenis usahanya terdapat berbagai macam jenis koperasi, yaitu koperasi simpan pinjam, koperasi serba usaha, koperasi jasa dan koperasi konsumsi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan Pemerintah Daaerah Kabupaten Temanggung dalam mendorong eksistensi dan peningkatan koperasi di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini bersifat kualitatif , yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data-data yang bersifat kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat dipisah-pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Data yang akan digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer diperoleh dengan melakukan pengamatan langsung dan wawancara kepada Pegawai Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DINPERINDAGKOP UKM), kemudian data sekunder yang digunakan adalah berupa laporan data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DINPERINDAGKOP UKM). Agar koperasi tetap bisa bertahan dan meningkat, maka Pemerintah Kabupaten Temanggung melakukan pembinaan, antara lain dengan mengadakan seminar dan berupaya mengajak koperasi yang tidak aktif ini agar aktif kembali, pembinaan manajemen, memberikan pelatihan keuangan, yaitu dengan mengadakan pelatihan dasar akuntansi dan perbaikan kelembagaan koperasi.

Keywords


koperasi, eksistensi, peningkatan, pembinaan

Full Text:

PDF

References


Buku dan Jurnal

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Dina. 2016. Peran Pemerintah Daerah Terhadap Perkembangan Koperasi Di Kabupaten Kendal. Majalah Ilmiah Inspiratif, Vol.2 No. 2.

Fuady, Munir. 2012. Pengantar Hukum Bisnis. Penerbit PT Citra Aditya Bakti. Bandung.

Haryanto, Budi., Djumadi, dan Aji Ratna Kusuma. 2014. Pengaruh Pelaksanaan Pembinaan KUMKM Terhadap Perkembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Dinas Perindagkop Dan UMKM Kabupaten Nunukan. eJournal Administrative Reform, Volume 2, Nomor 3.

Subandi. 2015. Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktik). Penerbit Alfabeta Bandung.

Subekti, Lianda., Agus Suryono, dan Minto Hadi. Implementasi Strategi Pembinaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.1.

Susilawaty, Ida dan Harapan Tua RFS. 2014. Pelaksanaan Pembinaan Koperasi. Jurnal Administrasi Pembangunan, Volume 2, Nomor 3.

Peraturan-peraturan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945

Undang-Undang No. 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian

Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 16 /Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Oleh Koperasi

Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah No. 19/Per/M.KUKM/IX/2016 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi

Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah No. 10/Per/M.KUKM/VI/2016 tentang Pendataan Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah

Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah No.10/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Kelembagaan Koperasi

Pasal 13 Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah No. 25/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Revitalisasi Koperasi

Internet

http://Puluhan Koperasi di Temanggung Bakal Dibekukan _ Media Indonesia.htm, diakses pada tanggal 2 November 2017.

http://jateng.metrotvnews.com/read/2016/07/12/554449/83-koperasi-di-temanggung-bakal-dibekukan diakses 9 November 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Farid Hidayat

Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama

ISSN 1411-8777 (p), ISSN 2598-2176 (e)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 License.