ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM SOAL UN KIMIA SMA RAYON B TAHUN 2012/2013

Nur Rochmah Lailly, Asih Widi Wisudawati

Abstract


Berdasarkan dari segi isi dan kontruksi, soal UN tahun 2012/2013 dilaksanakan dengan tes objektif pilihan ganda dan digunakan sebagai standar nasional. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisis karakteristik soal HOTS dalam soal UN Kimia SMA Rayon B tahun 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes dan Focus Group Discussion (FGD). Sumber data dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, dua guru kimia, dan dua dosen kimia. Pengambilan keputusan sekaligus keabsahan data dilakukan dengan FGD, yaitu diskusi terfokus oleh para narasumber. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa karakteristik  soal tipe HOTS  yang ada pada soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013 yaitu stimulus, sedangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif belum dapat dihasilkan kesimpulan. Bentuk stimulus dan persentase masing-masing bentuk yang terdapat pada soal UN tersebut yaitu gambar/grafik/diagram sebesar 15%, tabel sebesar 15%, simbol/rumus/persamaan kimia sebesar 47,5%, contoh sebesar 22,5%, dan penggalan kasus sebesar 32,5%.


Keywords


Higher Order Thinking Skill (HOTS); stimulus; kemampuan berpikir kritis; kemampuan berpikir kreatif; soal UN Kimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science

Copyright © 2016 Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science
ISSN 1829-5266 (print) | ISSN 2301-8550 (online)
Website: http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kaunia/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License