KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL DAN PPM PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE GTG DITINJAU KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA

Nuryadi Nuryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Pemecahan Masalah (PPM) menggunakan metode Group to Group (GG) pada pembelajaran matematika ditinjau dari keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksprerimen semu dengan pre-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Godean yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada diambil secara acak dua kelas yaitu VIII A dan VIII C sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa terhadap matematika. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan Pendekatan CTL dan PPM menggunakan metode GG dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matematika


Keywords


aktivitas belajar siswa; pendekatan CTL dan pendekatan pemecahan masalah; metode group to group; prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science

Copyright © 2016 Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science
ISSN 1829-5266 (print) | ISSN 2301-8550 (online)
Website: http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kaunia/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License