Upaya Peningkatan Keterampilan Proses, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan Melalui Metoeksper pada Peserta Didik SMA Negeri 4 Sampit

Cita Indira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah metoeksper dapat  meningkatkan keterampilan proses kimia materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 4 Sampit, (2) apakah metoeksper dapat  meningkatkan sikap ilmiah kimia materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 4 Sampit, dan (3) apakah metoeksper dapat  meningkatkan hasil belajar kimia materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 4 Sampit. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian berlangsung dalam 3 (tiga) siklus yang masing-masing terdiri atas 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, ujian, dan wawancara. Analisis data keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan menghitung rerata skor ideal dan simpangan baku skor ideal yang diperoleh, serta membandingkan skor empiris dengan skor ideal. Analisis hasil belajar dilakukan dengan cara menghitung jawaban yang benar dan salah, setiap jawaban benar diberi skor satu dan jawaban salah diberi skor nol. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator keterampilan proses mencapai kategori Baik total skor 27,6 – 33,9; sikap ilmiah mencapai kategori Baik total skor 47,6-58,7, dan kriteria keberhasilan hasil belajar adalah kategori Baik 76-99. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metoeksper dengan pendekatan keterampilan proses dan sikap ilmiah, terjadi peningkatan rerata hasil belajar dari siklus I hingga ke siklus III.  (1)  keterampilan proses kimia peserta didik mengalami peningkatan rerata dari 26,3; 27,2; 32,8 pada skala Sedang s.d. Baik (2) sikap ilmiah peserta didik mengalami peningkatan rerata dari 45,3; 47,7; 56,2 pada skala Baik s.d Baik dan (3) hasil belajar kimia peserta didik mengalami peningkatan bila dilihat dari rerata persentase antara pre-test dengan post-test siklus I yaitu dari 60,4% menjadi 63,9% ; rerata persentase antara pre-test dengan post-test siklus II yaitu dari 71,3% menjadi 75,7%; dan rerata persentase antara pre-test dengan post-test siklus III yaitu dari 78,8% menjadi 80,2%  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Kaunia

Copyright © 2016 Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science
ISSN 1829-5266 (print) | ISSN 2301-8550 (online)
Website: http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kaunia/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License