Pengembangan Aplikasi Game Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Praktikum Asam Basa

Authors

  • Isnaeni Khaerunnisa Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Muhammad Zamhari Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.21-01

Keywords:

Game android, Praktikum, Asam Basa

Abstract

Pemahaman tentang praktikum asam basa bagi peserta didik tidak dapat maksimal karena keterbatasan waktu penyampaian guru dalam pembelajaran sehingga diperlukan media untuk memudahkan dalam mempelajari praktikum asam basa tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D ‎yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development, dan disseminate. ‎Penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga atau development. Produk dinilai menggunakan instrumen penilaian kualitas skala Likert dan Gutmann. Produk yang ‎dikembangkan dinilaikan kepada dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru kimia SMA/MA dan direspon oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, aplikasi game android praktikum asam basa yang ‎dikembangkan mendapatkan persentase keidealan 95% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 88,64% dengan kategori Sangat Baik (SB). ‎Adapun hasil respon dari guru kimia mendapatkan persentase ‎keidealan 88,23% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan berdasarkan respon ‎peserta didik kelas XII diperoleh persentase keidealan 88,33% ‎dengan kategori Sangat Baik (SB).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahar, R. W. (2006). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Wirawan, I. M. A. & Ratnaya, I. G. (2011). Pengembangan desain pembelajaran mobile learning management system pada materi pengenalan komponen jaringan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Undiksa, 5(3), 314-324.

Inayah, L. & Astuti, A. P. (2017). Analisis tingkat keberhasilan pembelajaran laboratorium dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang. 200-207.

Astuti, R. T. & Marzuki, H. (2017). Analisis kesulitan pemahaman konsep pada materi titrasi asam basa peserta didik SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 22-27. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1862.

Salirawati, D. (Juli 2009). Manajemen laboratorium kimia/IPA. Makalah disajikan dalam Pembinaan MGMP Bagi Guru SMA dan SMK Angkatan III se Kabupaten Sleman, di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

Sarino. (2011). Dampak Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Sains Peserta didik. Tesis Magister. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2008). Instructional technology and media for learning (Ninth edition). NJ: Pearson Education Inc.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Khaerunnisa, I., & Zamhari, M. . (2020). Pengembangan Aplikasi Game Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Praktikum Asam Basa. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.21-01

Issue

Section

Articles