Hubungan antara Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Block System Proses Industri Kimia

  • Nurviana Arum Yudanti SMK SMTI Jogja
  • Shidiq Premono
Keywords: Pembelajaran Block System, minat, motivasi, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran block system merupakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa jam pelajaran menjadi satu satuan waktu yang panjang, dengan tolak ukur materi dapat tersampaikan secara utuh dan siswa dapat belajar dengan maksimal tanpa terpisah-pisah. Minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran block system merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan sistem blok sendiri, karena tujuan utama dalam pembelajaran block system adalah meningkatkan kompetensi siswa dan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara minat dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Proses Industri Kimia di SMTI Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jenis Ex Post Facto. Metode yang digunakan adalah korelasional dan partisipan dalam penelitian sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi untuk memperoleh data minat dan motivasi belajar siswa. Selain itu, tes untuk memperoleh data hasil belajar Proses Industri Kimia. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi dan regresi. Berdasakan hasil penelitian diketahui korelasi antara minat terhadap hasil belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r=0,549 dalam kategori sedang. Pengaruh minat terhadap hasil belajar sebesar 30,1%. Korelasi antara motivasi terhadap hasil belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r= 0,486 dalam kategori sedang. Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sebesar 23,7%. Sedangkan hubungan antara minat dan motivasi (secara simultan) terhadap hasil belajar belajar Proses Industri Kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r= 0,590 dalam kategori sedang. Pengaruh minat dan motivasi secara simultan terhadap hasil belajar sebesar 34,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. (2017). Tata kelola pelaksanaan teaching factory. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2013). Buku ajar siswa: Proses industri kimia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masbahah, Kustono, D., & Patmanthara, S. (2014). Efektivitas sistem pembelajaran blok di sekolah menengah kejuruan kota surabaya. Jurnal Teknik Mesin. 22(1).

Syah, M. (2014). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, H.B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widarto. (2013). Penelitian ex post facto.Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Majid, D.A., Mukhadis, A., & Poerwanto, E. (2011). Pengaruh Model Penjadwalan Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Perawatan Sepeda Motor Siswa SMK. Jurnal Teknologi Dan Kejuruan, 34(1), 34-48. http://journal.um.ac.id.

Published
2021-04-05
How to Cite
Yudanti, N. A., & Premono, S. (2021). Hubungan antara Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Block System Proses Industri Kimia . Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(1), 10-17. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jtcre/article/view/3907
Section
Articles