Labelisasi Halal di Tengah Budaya Konsumsif

Umi Khusnul Khotimah
* Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

DOI: https://doi.org/10.14421/jsa.2018.%25x

Abstract


Bisa dikatakan pasca Orde Baru adalah titik balik peran agama Islam dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Dimana sebelumnya masyarakat Muslim diyakini besar dalam jumlah namun minim peran dan pengaruhnya dalam masyarakat. Berbeda dengan saat ini, simbol keIslaman dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat. Beragam sektor kehidupan tersebut dikaitkan dengan simbol keIslaman seperti dibentuknya Peraturan Daerah (Perda) Syari’ah, Bank Syari’ah, adanya tren fashion Muslim serta komoditas konsumsi yang bernuansa Islami lainnya. Bangkitnya semangat keagamaan tersebut di atas disambut baik oleh Pemerintah dalam bentuk regulasi yaitu UU No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang mewajibkan penggunaan sertifikat halal bagi para produsen. Dampaknya, berbagai barang konsumsi berlomba menjadi pertama dalam kepemilikan sertifikat halal, seperti jilbab Zoya, minyak angin Fresh Care dan detergen Total. Sedangkan yang baru-baru ini kembali muncul sebagai produk yang bersertifikasi halal pertama adalah lemari es SHARP. UU JPH sendiri dibentuk untuk menjamin setiap pemeluk agama untuk beribadah dan menjalankan ajaran agamanya. Namun, regulasi tersebut justru mendatangkan tanda-tanda yang berlawanan yaitu semakin konsumtifnya masyarakat Muslim Indonesia dimana masyarakat Muslim seharusnya bersikap sederhana dalam mengonsumsi sesuatu. Paper ini akan menjelaskan konsumsi dalam Islam sehingga dapat ditarik benang merah bahwa regulasi produk halal tidak menjamin terciptanya masyarakat yang semakin Islami melainkan menjadi keuntungan bagi produsen untuk memasarkan produk-produknya.

 

Kata Kunci: Konsumsi, Sertifikasi Halal, Regulasi


Full Text:

PDF

References


Sumber Buku:

Ahmad, Zainal Abidin. Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Ali, Mohammad Daud. Sistem Ekonomi Islam: Zakat dan Wakaf. Jakarta: UI Press, 1988)

Bungin, Burhan. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana, 2008.

Chalid, Pheni. Sosiologi Ekonomi. Banten: Universitas Terbuka, 2012.

Elmi, Muhammad Ibnu. Label Halal: Antara Spiritualitas Bisnis dan Komoditas Agama. Malang: Madani, 2009.

Fauzia, Ika Yunia& Abdul Kadir Riyadi. Prinsip Dasar Ekonomi Islam: Perspektif Maqasyid al-Syari’ah. Jakarta: Kencana, 2014.

Fauzia, Ika Yunia. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana, 2013.

Hakim, Lukman. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Bandung: Erlangga, 2012.

Muhammad& Alimin. Etika dan Perlindungan Konsumen dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE, 2004.

Nizar, Muhammad Afsi. “Kelas Menengah (Middle Class) dan Implikasinya.” Zuprianto (ed.). Bunga Rampai Ekonomi Keuangan. Jakarta: Nagakusuma Media Kreatif, t.t. Chapter 8 pp. 171-192.

Rianto, M. Nur& Euis Amalia. Teori Mikroekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana, 2014.

S., Burhanuddin. Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikasi Halal. Indah Rahmawati (ed.). Malang: UIN Malang Press, 2011.

Suyanto, Bagong. Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Jakarta: Kencana, 2013.

Yuswohady, dkk. Marketing to the Middle Class Muslim: Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya. Jakarta: Gramedia, 2014.

Zulham. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Kencana, 2013.

Jurnal:

Hasbullah, Moeflich. “Cultural Presentation of the Muslim Middle Class in Contemporary Indonesia, ” STUDIA ISLAMIKA: Indonesian Journal for Islamic Studies, Vol. 7 No. 2 Th. 2000.

Heldi. “Pola Konsumsi Masyarakat Postmodern,” JURNAL AL-IQTISHAD, Vol. 1 No. 1. Januari 2009

Maryani. “Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam," IQTISHADIYAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 2 No. 2 th. 2016

Website:

Maryani. “Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam." www ejournal.inzah.ac.id

Putra, Yudha Manggala P. “Dibalik Sukses Vanilla Hijab.” www.republika.co.id. Diakses 2 Juli 2018

Rahayu, Ratih. “Pada 2020, Kaum Milenial Indonesia Terancam Terjangkit Affluenza.” www.wartaekonomi.co.id. Diakses 2 Juli 2018

Setiawan, Bambang. “Kelas Menengah: Konsumtif dan Intoleran” www.kompas.com. Diakses pada 2 Juli 2018

Yulistara. “Bisnis Hijab, Mahasiswi Cumlaude Ini Raup Ratusan Juta Rupiah per Bulan.” www.wolipop.detik.com. Diakses 2 Juli 2018

Yuswohady. “Muslim Zaman Now: the 15 Hot Ramadhan Insight.” www.yuswohady.com. Diakses 12 Juni 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Umi Khusnul Khotimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sosiologi Agama

ISSN: 1978-4457 

E-ISSN: 2548-477X

Creative Commons License

Jurnal Sosiologi Agama is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

Office:

1st Floor, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Jalan Marsda Adisucipto Yogyakarta, 55281
Telpon/Fax: +62274 512156/+62274512156
E-mail: jurnalsosiologiagama@gmail.com
             jsi@uin-suka.ac.id