AKUNTABILITAS MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN: STUDI PADA PESANTREN TAREKAT AL IDRISIYYAH TASIKMALAYA

Authors

  • Siswoyo Aris Munandar Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran Yogyakarta
  • M. Mursalat Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-02

Abstract

Latar belakang dari studi kasus ini adalah tasawuf selama ini dikenal sebagai dimensi esoterik dalam Islam. Identifikasi tersebut sering menyebabkan tasawuf dianggap dekat dengan hal-hal yang bersifat kebatinan dan askese. Selama ini kaum sufi dipandang sebagai kelompok umat yang lebih menekankan kesalehan individual (personal) daripada kasalehan sosial. Akan tetapi berbeda dengan Tarekat Al-Idrisiyyah justru murid-muridnya harus terjun ke masyarakat dan aktivitas sosial. Ditinjau dari segi rumusah masalahnya dapat ditarik dua pertanyaan bagaimanakah implementasi manajemen pendanaan pendidikan di Pesantren Tarekat Al-Idrisiyyah Tasikmalaya? Bagaimana evaluasi dan akuntabilitas manajemen pembiayaan Pendidikan di Pesantren Tarekat Al-Idrisiyyah Tasikmalaya?. Upaya menjawab permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan metodologi penelitian lapangan (field research), yakni dengan menggali data-data lapangan dan mengobservasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peranan tarekat terhadap aktivitas sosial dan filantropi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan di mana ada sebuah tarekat yang justru mendorong para muridnya untuk terlibat dalam kehidupan bersama dengan masyarakat. Program yang ditawarkan pesantren yang berbasis Tarekat ini, yaitu dakwah, pendidikan, ekonomi, pemuda, dan peran perempuan.

Kata Kunci: Tarekat, Manajemen Pemberdayaan Pendidikan, Aktivitas Sosial

Abstract viewed: 650 times | PDF downloaded = 973 times

References

Abidin, A. A. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Tinggi Dalam Upaya Peningkatan Mutu (Studi kasus pada Perguruan Tinggi Swasta Menengah di Surabaya)”, Jurnal Penjaminan Mutu, Vol.3, No.1, 2017.

Anwar, Saifudin. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1999.

Asmaran. As. Pengantar Studi Tasawuf, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Azhari, U. L. dan Dedy A. K. “Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.XXIII, No.2. 2016.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. Ensiklopedi Islam 5. Jakarta: Ikhtiar Baru. 1997.

Ernst, Carl W. “Tingkatan Cinta Dalam Sufisme Persia Awal, dari Rabiah Hingga Ruzbihan”, dalam Seri Pengantar Tasawuf: Cinta, Guru, dan Kewalian Dalam Sufisme Awal, terj. Ribut Wahyudi, Yogyakarta: Pustaka Sufi. 2003.

F, Fokkens. “De Priesterchool” and Anon, “Priesters en Priesterscholen”, TNI, vol. 17. (1887). “De Priesterchool te Tegalsari”, TBG Vol. 24. 1855.

Fatah, Nanang. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2000.

Ghozali, Abbas. Analisis Biaya Satuan Dasar dan Menengah, Jakarta: Balitbang, 2004.

Depdiknas. Helmanita, Karlina. “Mengelola Filantropi Islam dengan Manajemen Modern: Pengalaman Dompet Dhuafa.” Dalam Revitalisasi Filantropi Islam Studi Kasus Lembaga Zakat dan Wakaf di Indonesia, diedit oleh Chaider S. Bamualim dan Irfan Abubakar, Jakarta: Center for Languages and Culture. 2005.

Ikhwan. “Manajemen perencanaan pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur’an dan Hadits)” Edukasi; Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No.1, 2016.

Mardani, D. A. “Spritual Entepreneurship Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat: Studi Terhadap tarekat Idrisiyah Pageningan Tasikmalaya”, Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, Vol. 4, No. 1. 2019.

Mas’udi, Masdar. Agama Keadilan Risalah Zakat (Pajak) dalam Islam, Jakarta: P3M. 1993.

Mujab. “Financial management of higher educational institutions”, International Journal of Higher Education Management (IJHEM), Vol. 1, No.2. 2014.

Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011.

Nilan, P. “The ‘spirit of Education’in Indonesian Pesantren. British Journal of Sociology of Education”, No.30, Vol. 2. 2009.

Noor, Delier. Gerakan Modern Islam di Indonesia, Jakarta: LP3ES. 1994.

Nurbakhsy, Syekh Javad. Belajar Bertasawuf: Mengerti Makna dan Mengamalkan Zikir, Tafakur, Muraqabah, Muhasabah, dan Wirid, Jakarta: Zaman, 2016.

Nurika, W. “Nilai-Nilai Sosial Pada Pengamal Tarekat Naqsyabandiyah Desa Tawang Rejo Wonodadi Belitar”, Spiritualita, vol 1, no 1 Juni, 2017.

Pengurus Yayasan Al-Idrisiyah. Mengenal Tarekat Idrisiyah, Sejarah dan Ajarannya, Jakarta; Al-Idrisiyah. 2003.

Priatna, Tedi dkk. “Educational Financing Management in TarekatBased Pesantren” Jurnal Pendidikan Islam Vol.4, No.1, 2018. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/2337

Ricklefs, M.C. Polarising Javanese Society: Islamic and other visions, 1830-1930, Lieden: NUS Press, the University of Hawai Press and KITLV. 1995.

Ridwan, N. M. “Dakwah dan Tarekat” (Analisis Majlis Taklim al-Idrisiyyah Melalui Tarekat di Batu Tulis Gambir Jakarta Pusat)”, Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Indonesia. 2008.

Suminto, Aqid. Politik Islam Hindia Belanda, Jakarta: LP3ES. 1986.

Syukur, Amin. Tasawuf Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Woessmann, L. “The economics of international differences in educational achievement. In Handbook of the Economics of Education”, Elsevier, Vol. 3, No.5. 2011.

Zahroh. “Total Quality Management: Capaian Kualitas Output Melalui Sistem Kontrol Mutu Sekolah”. CENDIKIA; Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 9,No.1. 2015.

Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan sosial. 1982.

Zulfa. “Stragei pengembangan madrasah efektif melalui pengembangan model manajemen pembiayaan pendidikan madrasah berbasis Ziswa-School Levy (Studi di MI Ya Bakii Karangjengkol Kesugihan Cilacap)”. Wahana Akademika, Vol. 3. 2016.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Munandar, S. A., & Mursalat, M. (2019). AKUNTABILITAS MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN: STUDI PADA PESANTREN TAREKAT AL IDRISIYYAH TASIKMALAYA. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 5(1), 13–37. https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-02

Issue

Section

Articles