KEBERAGAMAN MAD’U SEBAGAI OBJEK KAJIAN MANAJEMEN DAKWAH: ANALISA DALAM MENENTUKAN METODE, STRATEGI, DAN EFEK DAKWAH

Authors

  • Muhamad Irhamdi Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-04

Abstract

Islam merupakan agama dakwah yang pada prinsipnya selalu memberikan kasih sayang, keselamatan, kedamaian dan kenyamanan bagi siapapun. Siapa saja boleh melakukan aktivitas dakwah untuk menyebarluaskan agama Islam, tapi pada konteks sosio-kultural dan sosio-religius yang ada pada masyarakat Indonesia sebagai objek dakwah, da’i dihadapkan pada satu hal yang sangat penting untuk dikaji terkait dengan keberadaan masyarakat atau mad’u yang sangat beragam. Manajemen dakwah pada konteks mad’u yang sangat beragam menjadi perhatian yang sangat serius bagi seorang da’i karena setiap perbedaan-perbedaan cara pandang dipengaruhi oleh situasi budaya yang ada pada masyarakat. Masyarakat sebagai objek dakwah baik secara indivdu maupun kelompok memiliki pandangan yang beragam baik tentang nilai, aturan-aturan dan cara menentukan definisi dari Islam itu sendiri. Memilih pesan-pesan dakwah untuk disampaikan kepada mad’u agar semua perbedaan-perbedaan yang ada pada masyarakat dapat terakomodir sehingga tidak menyudutkan salah satu dari sekian banyak perbedaan itu. Identifikasi keberadaan mad’u sebelum melakukan akatifitas dakwah adalah sebuah keharusan bagi pelaku dakwah itu sendiri agar dapat menentukan pilihan da’i, metode dakwah, strategi dakwah dan pesan dakwah yang sesuai dengan kondisi sosial dan kondisi sosio-religius masyarakat. Mad’u sebagai salah satu unsur dakwah memiliki keistimewaan yang berbeda di antara unsur-unsur yang lain, karena lahirnya aktivitas dakwah tentu dipengaruhi oleh keberadaan mad’u. Maka penting bagi pelaku dakwah untuk mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan masyarakat dalam penyampaian pesan dakwah.

Kata Kunci: Manajemen Dakwah, Keberagaman Mad’u, Pesan Dakwah

Abstract viewed: 4601 times | PDF downloaded = 4644 times

References

Aziz, M. A. Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana. 2016.

Faizah, E. M. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana. 2012.

Hasjmy, A. Dustur Dakwah Menurut Al-Qur’an, Cet. II. Jakarta: Bulan Bintang. 2011.

Hotman, I. I. P. Filsafat Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011.

Khatib, P. Manajemen Dakwah, dari Dakwah Konvensional menuju Dakwah Profesional. Jakarta: Amzah. 2007.

Mahmudin. Manajemen Dakwah Rasulullah. Jakarta: Restu Ilahi. 2004.

Mubarok, A. Psikologi Dakwah, Jakarta: Prenada Media Group. 2015.

Munir. M. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana. Munir. 2015. Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media. 2006.

Munir, M., Ilaihi, W. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.

Syamsuddin. Sejarah Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekata Media. 2016.

Wahidin, S. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2011.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Irhamdi, M. (2019). KEBERAGAMAN MAD’U SEBAGAI OBJEK KAJIAN MANAJEMEN DAKWAH: ANALISA DALAM MENENTUKAN METODE, STRATEGI, DAN EFEK DAKWAH. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 5(1), 55–71. https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-04

Issue

Section

Articles