KEBERAGAMAN MAD’U SEBAGAI OBJEK KAJIAN MANAJEMEN DAKWAH: ANALISA DALAM MENENTUKAN METODE, STRATEGI, DAN EFEK DAKWAH

Abstract

Islam merupakan agama dakwah yang pada prinsipnya selalu memberikan kasih sayang, keselamatan, kedamaian dan kenyamanan bagi siapapun. Siapa saja boleh melakukan aktivitas dakwah untuk menyebarluaskan agama Islam, tapi pada konteks sosio-kultural dan sosio-religius yang ada pada masyarakat Indonesia sebagai objek dakwah, da’i dihadapkan pada satu hal yang sangat penting untuk dikaji terkait dengan keberadaan masyarakat atau mad’u yang sangat beragam. Manajemen dakwah pada konteks mad’u yang sangat beragam menjadi perhatian yang sangat serius bagi seorang da’i karena setiap perbedaan-perbedaan cara pandang dipengaruhi oleh situasi budaya yang ada pada masyarakat. Masyarakat sebagai objek dakwah baik secara indivdu maupun kelompok memiliki pandangan yang beragam baik tentang nilai, aturan-aturan dan cara menentukan definisi dari Islam itu sendiri. Memilih pesan-pesan dakwah untuk disampaikan kepada mad’u agar semua perbedaan-perbedaan yang ada pada masyarakat dapat terakomodir sehingga tidak menyudutkan salah satu dari sekian banyak perbedaan itu. Identifikasi keberadaan mad’u sebelum melakukan akatifitas dakwah adalah sebuah keharusan bagi pelaku dakwah itu sendiri agar dapat menentukan pilihan da’i, metode dakwah, strategi dakwah dan pesan dakwah yang sesuai dengan kondisi sosial dan kondisi sosio-religius masyarakat. Mad’u sebagai salah satu unsur dakwah memiliki keistimewaan yang berbeda di antara unsur-unsur yang lain, karena lahirnya aktivitas dakwah tentu dipengaruhi oleh keberadaan mad’u. Maka penting bagi pelaku dakwah untuk mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan masyarakat dalam penyampaian pesan dakwah.

Kata Kunci: Manajemen Dakwah, Keberagaman Mad’u, Pesan Dakwah

https://doi.org/10.14421/jmd.2019.51-04
PDF

References

Aziz, M. A. Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana. 2016.

Faizah, E. M. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana. 2012.

Hasjmy, A. Dustur Dakwah Menurut Al-Qur’an, Cet. II. Jakarta: Bulan Bintang. 2011.

Hotman, I. I. P. Filsafat Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011.

Khatib, P. Manajemen Dakwah, dari Dakwah Konvensional menuju Dakwah Profesional. Jakarta: Amzah. 2007.

Mahmudin. Manajemen Dakwah Rasulullah. Jakarta: Restu Ilahi. 2004.

Mubarok, A. Psikologi Dakwah, Jakarta: Prenada Media Group. 2015.

Munir. M. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana. Munir. 2015. Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media. 2006.

Munir, M., Ilaihi, W. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.

Syamsuddin. Sejarah Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekata Media. 2016.

Wahidin, S. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2011.

Authors who publish with Jurnal MD agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).