DETERMINAN PRAKTIK NILAI-NILAI BISNIS ISLAM: IMPLIKASI THE CELESTIAL MANAGEMENT DI USAHA KULINER PREKSU

Authors

  • Abim Rizqi Rohmawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Bagas Dwi Praptowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2019.52-05

Abstract

Aktivitas usaha bisnis tidak hanya berfokus pada pencapaian peningkatan laba atau profit, karena ada hal yang lebih bernilai dari bisnis, itulah nilai etika dan spiritualitas berupa kejujuran, keadilan, berbagi dengan sesama, dan mempertahankannya. Dalam konteks ini munculah teori manajemen bisnis Islam atau Spiritual Management yang berbeda dengan manajemen bisnis konvensional yang sama sekali tidak berkait dan bahkan lepas dari nilai-nilai ketauhidan dan keimanan yaitu The Celestial Management (TCM). Konsep TCM membawa kemajuan yang sangat pesat di Rumah Makan Preksu, yaitu dengan menyeimbangkan antara kepentingan dunia dan akhirat. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah Rumah Makan Preksu melalui implikasi TCM  menganggap bisnis bukan sekedar mencari material saja akan tetapi merupakan ibadah atau dimaknai dengan bekerja adalah ibadah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis uji keabsahan data dilakukan melalui teknik uji kredibilitas triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian membuktikan bahwa Rumah Makan Preksu pada implikasinya telah menerapkan konsep TCM, namun Rumah Makan Preksu perlu memperhatikan indikator Power Sharing dan Regeneratif lebih lanjut karena hasil penelitian pada indikator tersebut Masih belum mencapai taraf sempurna.

Kata Kunci: Bisnis Islam, The Celestial Management, Kuliner Preksu

Abstract viewed: 476 times | PDF downloaded = 467 times

References

Alimuddin. Pengelolaan Bisnis Berbasis Nilai-Nilai Islam. International Seminar: The Islamic Economics: Organizational Ethics Prespective, Strategy and Implementation of Islamic Law in the Economic System in Indonesia. 2012. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Amin, A. A., & Tim FEBS FEUI. Menggagas Manajemen Syariah: Teori dan Praktik The Celestial Management. Jakarta: Salemba Empat. 2010.

Arifah, M. N. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Karyawan di Lingkungan Kerja (Studi atas Pembinaan Keagamaan di Waroeng Steak and Shake Cabang Pandega Karya, Yogyakarta) (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta). 2016. https://doi. org/10.1017/CBO9781107415324.004

Aziz, A. Etika Bisnis Perspektif Islam: Implementasi Etika Islami Untuk Dunia Usaha. Bandung: Alfabeta. 2013.

Bungin, B. Metodologi Penelitian Sosial: Format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga Univeritas Press. 2001.

Fauzia, I. Y. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2013.

Hakim, L., & Wijayanto, E. Spiritual Based Management: Memimpin dan Bekerka Berbasis Spiritual. Jakarta: Hikmah. 2007.

Hergastyasmawan, A. Pengaruh Bauran PeMasaran (Produk, Lokasi, Harga, Promosi, Dan Pelayanan) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Perspektif Etika Bisnis Islam Di Warung Ayam Geprek “Preksu” Tahun 2018. Universitas Islam Indonesia. 2018.

Hidayah, S. Manajemen Langit (Celestial Management) Sebagai Pendekatan Spiritual Dalam Praktik Bisnis. Jurnal Dharma Ekonomi STIE Dharmaputra Semarang, 17(32), 1–13. 2010.

Hidayat, D., & Hasib, F. F. Pencapaian Masalah Melalui Etika Bisnis Islam Studi Kasus Restoran Mie Akhirat. Jurnal Ekonomi Syariah Teori & Terapan, 2(11), 912–927. 2015.

Ma’ruf, M. A. Manajemen Bisnis Syariah. Sleman: Aswajua. 2014.

Presindo. Miles, & Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press. 1992.

Muhammad, A. Spiritual Management. Jurnal MD: Membangun Profesionalisme Keilmuan, 2(1). 2009.

Rahmat, I. The Celestial Management : Ikhtiar Mewujudkan Budaya Organisasi Islam. Jurnal MD: Membangun Profesionalisme Keilmuan, 19–39. 2016.

Ruky, A. S. SDM Berkualitas : Mengubah Visi Menjadi Realitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2003.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011.

Syarif, N. Komunikasi Kontemporer Bisnis Islam (Studi Kasus Di Pt Arofah Mina Surabaya). An-Nida’: Jurnal Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 7(2). 2019.

Trimulato. Urgensi Penerapan Celestial Management Bagi Sumber Daya Manusia di Bank Syariah. Jurnal Muslim Heritage, 1(1), 197–212. 2016.

Wartoyo, W. Etika Bisnis Islam: Konstruksi Nilai Keseimbangan Dan Kemanusiaan. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(2). 2018. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i2.3369

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Rohmawan, A. R., & Praptowo, B. D. (2019). DETERMINAN PRAKTIK NILAI-NILAI BISNIS ISLAM: IMPLIKASI THE CELESTIAL MANAGEMENT DI USAHA KULINER PREKSU. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 5(2), 205–225. https://doi.org/10.14421/jmd.2019.52-05

Issue

Section

Articles