MANAJEMEN PELAYANAN PROGRAM PASCA HAJI PADA KBIH RINDU KA’BAH BANTUL: SEBUAH UPAYA MEMPERERAT UKHUWAH ISLAMIYAH

Authors

  • M. Hasan Syaifur Rizal Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2020.61-01

Abstract

Haji adalah sebuah peristiwa besar dan melibatkan manusia dalam jumlah yang banyak. Saat pergi haji banyak orang merasa memiliki relasi bahkan keluarga baru, namun menjadi pertanyaan bagimana relasi tersebut setelah rangkaian ibadah haji selesai dan jamaah kembali ke tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses manajemen pelayanan program pasca haji dalam rangka mempererat ukhuwah Islamiyah pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Rindu Ka’bah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, proses pelayanan pasca haji telah dilaksanakan sesuai dengan nilai-nilai manajemen dimana hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan menyusun rencana, mengimplementasikan rencana, mengkoordinasikan kegiatan, dan penyelesaian kegiatan pelayanan (evaluasi kegiatan) serta adanya pelayanan yang baik terhadap para jamaah. Kedua, program layanan pasca haji yang dilaksanakan oleh KBIH Rindu Ka’bah seperti meliputi pengajian rutin, konsultasi syariah, bakti sosial, sms tausyiah, hingga pembangunan tempat ibadah dan rihlah. Ketiga, para jamaah menyatakan bahwa kegiatan pasca haji serta pelayanan yang diberikan sangat memuaskan sehingga terciptanya ukhuwah Islamiyah antar jamaah. Hal ini menciptakan relasi yang baik meskipun para jamaah sudah pulang dari Arab Saudi.

Keywords: Manajemen Pelayanan, Pasca Haji, KBIH Rindu Ka’bah, Ukhuwah Islamiyah 

Abstract viewed: 426 times | PDF downloaded = 550 times

References

Bayu Mitra A. Kusuma, “Membumikan Dynamic Governance dalam Meningkatkan Profesionalisme Manajemen Penyelenggaraan Haji”, Journal of Public Sector Innovation Vol. 1 No. 1, 2016.

Isnain S., “Manajemen Pelayanan Kesehatan Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kota Tangerang Pada Musim Haji Tahun 2010”, Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

M. Junaidi Ghony dan Fauzan Almanshur, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Ar-ruzz Media, 2012.

Muhammad Ali Yusni, “Studi Tentang Pelayanan Haji di Kementerian Agama Kota Samarinda”, Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol. 3 No. 1, 2015.

Muhammad M. Basyumi, Reformasi Manajemen Haji, Jakarta: FDK Press, 2008.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: UPI dan Remaja Rosdakarya, 2005.

Nashudin, “Sistem Pelayanan Haji pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat”, Jurnal Penelitian Keislaman Vol. 7 No. 2, 2011.

Ragil Purnomo, “Manajemen Pelayanan Calon Jamaah Haji Studi Kasus Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Solo of City Musim Haji Tahun 2015”, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2015.

S. Mulyati, “Haji, Sebuah Arena Spiritualitas”, Dinamika dan Perspektif Haji Indonesia, Jakarta: Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, 2011.

Downloads

Published

2020-09-11

How to Cite

Rizal, M. H. S. (2020). MANAJEMEN PELAYANAN PROGRAM PASCA HAJI PADA KBIH RINDU KA’BAH BANTUL: SEBUAH UPAYA MEMPERERAT UKHUWAH ISLAMIYAH. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 6(1), 1–23. https://doi.org/10.14421/jmd.2020.61-01

Issue

Section

Articles