MANAJEMEN PELAYANAN PROGRAM PASCA HAJI PADA KBIH RINDU KA’BAH BANTUL: SEBUAH UPAYA MEMPERERAT UKHUWAH ISLAMIYAH
DOI:
https://doi.org/10.14421/jmd.2020.61-01Abstract
Haji adalah sebuah peristiwa besar dan melibatkan manusia dalam jumlah yang banyak. Saat pergi haji banyak orang merasa memiliki relasi bahkan keluarga baru, namun menjadi pertanyaan bagimana relasi tersebut setelah rangkaian ibadah haji selesai dan jamaah kembali ke tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses manajemen pelayanan program pasca haji dalam rangka mempererat ukhuwah Islamiyah pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Rindu Ka’bah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, proses pelayanan pasca haji telah dilaksanakan sesuai dengan nilai-nilai manajemen dimana hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan menyusun rencana, mengimplementasikan rencana, mengkoordinasikan kegiatan, dan penyelesaian kegiatan pelayanan (evaluasi kegiatan) serta adanya pelayanan yang baik terhadap para jamaah. Kedua, program layanan pasca haji yang dilaksanakan oleh KBIH Rindu Ka’bah seperti meliputi pengajian rutin, konsultasi syariah, bakti sosial, sms tausyiah, hingga pembangunan tempat ibadah dan rihlah. Ketiga, para jamaah menyatakan bahwa kegiatan pasca haji serta pelayanan yang diberikan sangat memuaskan sehingga terciptanya ukhuwah Islamiyah antar jamaah. Hal ini menciptakan relasi yang baik meskipun para jamaah sudah pulang dari Arab Saudi.
Keywords: Manajemen Pelayanan, Pasca Haji, KBIH Rindu Ka’bah, Ukhuwah Islamiyah
References
Bayu Mitra A. Kusuma, “Membumikan Dynamic Governance dalam Meningkatkan Profesionalisme Manajemen Penyelenggaraan Haji”, Journal of Public Sector Innovation Vol. 1 No. 1, 2016.
Isnain S., “Manajemen Pelayanan Kesehatan Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kota Tangerang Pada Musim Haji Tahun 2010”, Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
M. Junaidi Ghony dan Fauzan Almanshur, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Ar-ruzz Media, 2012.
Muhammad Ali Yusni, “Studi Tentang Pelayanan Haji di Kementerian Agama Kota Samarinda”, Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol. 3 No. 1, 2015.
Muhammad M. Basyumi, Reformasi Manajemen Haji, Jakarta: FDK Press, 2008.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: UPI dan Remaja Rosdakarya, 2005.
Nashudin, “Sistem Pelayanan Haji pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat”, Jurnal Penelitian Keislaman Vol. 7 No. 2, 2011.
Ragil Purnomo, “Manajemen Pelayanan Calon Jamaah Haji Studi Kasus Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Solo of City Musim Haji Tahun 2015”, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2015.
S. Mulyati, “Haji, Sebuah Arena Spiritualitas”, Dinamika dan Perspektif Haji Indonesia, Jakarta: Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal MD agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).