IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM DAKWAH KULTURAL PADA ORGANISASI KEMAHASISWAAN: STUDI PADA UKM JQH AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA
DOI:
https://doi.org/10.14421/jmd.2020.61-05Abstract
Keberhasilan suatu organisasi tidak selalu bertumpu pada Sumber Daya Manusia akan tetapi melihat pentingnya manajemen atau pengelolaan dalam sebuah organisasi. Perlunya manajemen dakwah baik dalam konsep pemikiran tentang dakwah maupun sebagai ilmu dan sebagai aktivitas sangat dibutuhkan dalam pengembangan profesionalisme dakwah, apalagi mengingat tantangan dakwah di era modern semakin berat. Dakwah kultural dapat menjadi alternatif utama sekaligus peluang menghadapi masyarakat yang selalu haus dengan kesenangan dan keindahan. UKM JQH al-Mizan merupakan organisasi yang mampu mengangkat aktualisasi kesenian Islam dengan budaya Jawa dan budaya modern, sebagaimana cerminan dakwah masa kini yang sebelumnya pernah dilakukan oleh Wali Songo sebagai dakwah kultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen dalam dakwah kultural pada UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang fungsi manajemen perencanaan, pengorgannisasian, penggerakan, pengendalian dan evaluasi dakwah yang diterapkan oleh UKM JQH al-Mizan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan fungsi manajemen pada UKM JQH al-Mizan ada lima fungsi yaitu perencanaan, pengorgannisasian, penggerakan, pengendalian dan evaluasi dakwah. Dimana pada setiap fungsi ada suatu penerapan yang menjadi temuan peneliti. Pertama perencanaan UKM JQH al-Mizan memiliki perencanaan yang spesifik dan mendalam. Kedua pengorganisasian dakwah pada bagian spesialisasi kerja bentuk kepanitiaan UKM JQH al-Mizan sebagaiamana disebut dengan kepanitiaan mikro/makro, yang mana bentuk kepanitiaan ini terbilang belum ditemukan pada teori-teori manajemen. Ketiga pada penggerakan dakwah motivasi dilakukan dengan menghidupkan dinamika konflik organisasi. Keempat pada pengendalian dakwah setiap hirarkhi kepengurusan mempunyai wilayah pengawasanya masing-masing. Kelima pada evaluasi dakwah terjadinya double job pada kepanitiaan.
Kata Kunci: Fungsi Manajemen, Dakwah Kultural, UKM JQH al-Mizan
References
Aripudin, Acep, Dakwah Antar Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Asmuni Syukir, Dasar- dasar Strategi Dakwah Islam, Yogyakarta: Al- Ikhlas, 1983.
Awaludin Pimay, Manajemen Dakwah Sebuah Pengantar, Pustaka Ilmu: Yogyakarta 2013.
Aziz, Abdul dkk., Jelajah Dakwah Klasik Kontemporer, Yogyakarta: Gama Media, 2016.
Azwar, Saifudin, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pusat Penelitian, 1998.
Bachtiar, Anis, “Dakwah Kolaboratif Model Alternatif Komunikasi Islam Kontemporer”, Jurnal Komunikasi Islam, vol. 3:1, 2013.
Beranda Core Values Web Resmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, http://uin- suka.ac.id/id/page/universitas/61-corevalues, diakses tanggal 24 Agustus 2018.
Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2007.
Dermawan, Andy, Ibda Binafsika Menggagas Paradigma Dakwah Partisipatoris, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.
Haja Amina Adil, “Penciptaan Nur Muhammad (s.a.w)”, http://www.nurmuhammad.com/Dwnlds/Bahasa/PenciptaanNurMuhammad.pdf, diakses tanggal 15 Juli 2018.
Imam, Jazuli, Analisis Fungsi Perencanaan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Karangnongko Depok Sleman Yogyakarta Tahun 2014/2015, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Irvani, Ranu Nada, Musik Gambus Sebagai Sarana Pendidikan Akhlaq di UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Skripsi, (Yogyakarta: Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2015).
Kamus KBBI, https://kbbi.web.id/lentera, diakses tanggal 15 Juli 2018.
Kamus KBBI, https://jagokata.com/arti-kata/peradaban.html, diakses tanggal 15 Juli 2018.
Kayo, Khatib Pahlawan, Manajemen Dakwah dari Dakwah Konvensional Menuju Dakwah Profesional, Jakarta: Amzah, 2007.
Kementerian Agama RI, Al-Quran Al-Karim dan Terjemahan, Bogor: Halim 2013.
Moleong, Lexy J., Motodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakaya, 1993.
Muqtafi, Faidholloh, Perencanaan Fungsi Manajemen Pada Dakwah Bil Hal (Studi di Gerakan Pemuda Anshor Nahdalul Ulama di Kabupaten Pacitan tahun 2016- 2017, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan MD Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, 2017.
Munir, Muhammad dan Wahyu Ilaihi, Manajemen Dakwah, Jakarta: Kencana, 2012.
Notowidagdo, Rohiman, Ilmu Budaya Dasar Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1977.
Raco, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.
Reksohandiprodji, Sukanto dan T. Hani Handoko, Organisasi Perusahaan, Yogyakarta: BPFE, 2001.
Sanjaya, Wina, Penelitian Pendidikan, Kenis, Metode dan Prosedur, Jakarta: Kencana, 2013.
Sidiq Irsyadi, Profil Jam’iyyah Al-Qurra Wa Al-Huffadz al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, http://web.facebook.com/notes/mizanuna/profil-al- mizan.htm, diakses 3 Juli 2018.
Simon, Manajemen Produksi dan Oprasi, Jakarta: Salemba Empat, 1999.
Siswanto, Pengantar Manajemen, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012.
Sukmadinata, Nana Saodiah, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Syahraeni, “Pendekatan Dakwah Kultural dalam Masyarakat Plural”, Jurnal Adabiyah, vol. xiv: 1, 2014.
Usman, Muhammad Fakih, Seni Sebagi Media Dakwah Dalam Persepsi Sanggar Nuun UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, 2010.
Wirata, I Made, Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi, Yogyakarta: Adi Offset, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal MD agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).