PENGARUH EMOSIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BISNIS KULINER: STUDI PADA WARUNK KOPI PLATT MONKULL

Authors

  • Ratna Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan
  • M. Toriq Nurmadiansyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Ade Gunawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2020.61-06

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh emosional terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Kopi Platt Monkull, mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Kopi Platt Monkull, dan mengetahui secara bersama-sama pengaruh emosional dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Kopi Platt Monkull. Dengan menggunakan jenis penelitian lapangan dan jenis pendekatan kuantitatif. Dalam mengumpulkan informasi yang berasal dari responden peneliti menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang datang dan menikmati produk yang ada di Warunk Platt Monkull, dalam penelitian ini populasinya tidak diketahui secara pasti. Maka peneliti menggunakan Rumus Donald R. Cooper dan C. William Emory untuk menentukan sampel dalam penelitian yang berjumlah 98 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel emosional berpengaruh secara signifikan pada kepuasan konsumen dengan angka signifikan 0,000 < 0,05. Adapun variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan konsumen dengan angka signifikan 0,494 > 0,05. Sedangkan variabel emosional dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan dibuktikan angka signifikansi F senilai 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Emosional, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Bisnis Kuliner

Abstract viewed: 405 times | PDF downloaded = 762 times

References

Agung Edy Wibowo, Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian, Yogyakarta: Gava Media, 2012.

Budi Hermawan, "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul", Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Vol. 4 No. 2, 2011.

Donald R. Cooper dan C. William Emory, Metode Penelitian Bisnis, terjemahan Ellen G. Sitompul dan Imam Nurmawan, Edisi 5 Cetaan 4, Jakarta: Erlangga, 1996.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi II, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.

H. Irawan, Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo, 2008.

Hengky Latan dan Selva Temalagi, Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta, 2013.

Husein Umar, Research Methods in Finance and Banking, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

I. Khasanah dan O. D. Pertiwi, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang”, Jurnal Ilmiah Aset Vol. 12 No. 2, 2010.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19, Cet. Ke-5, Semarang: BP Undip, 2011.

__________, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 3, Semarang: BP Undip, 2010.

Lupiyoadi dan A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat, 2006.

M. Iqbal Hasan, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Made Virma Permana, “Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan”, Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 4 No. 2, 2013.

N. Gusni, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Angkutan PO. Lubuk Basung Express di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam”, Doctoral Dissertation, Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat, 2018.

Philip Kotler dan Gery Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jakarta: Erlangga, 2012.

R. Atmawati dan M. Wahyuddin, “Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Matahari Departement Store di Solo Grand Mall”, Dayasaing: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 5 No. 1, 2004.

R. Kusuma dan W. Suwitho, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional erhadap Kepuasan Pelanggan”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 4 No. 12, 2015.

Saifudin Anwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas, 2009.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Sari, R., Nurmadiansyah, M. T., & Gunawan, A. (2020). PENGARUH EMOSIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BISNIS KULINER: STUDI PADA WARUNK KOPI PLATT MONKULL. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 6(1), 115–130. https://doi.org/10.14421/jmd.2020.61-06

Issue

Section

Articles