PENGARUH EMOSIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BISNIS KULINER: STUDI PADA WARUNK KOPI PLATT MONKULL
DOI:
https://doi.org/10.14421/jmd.2020.61-06Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh emosional terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Kopi Platt Monkull, mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Kopi Platt Monkull, dan mengetahui secara bersama-sama pengaruh emosional dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Kopi Platt Monkull. Dengan menggunakan jenis penelitian lapangan dan jenis pendekatan kuantitatif. Dalam mengumpulkan informasi yang berasal dari responden peneliti menggunakan angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen yang datang dan menikmati produk yang ada di Warunk Platt Monkull, dalam penelitian ini populasinya tidak diketahui secara pasti. Maka peneliti menggunakan Rumus Donald R. Cooper dan C. William Emory untuk menentukan sampel dalam penelitian yang berjumlah 98 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel emosional berpengaruh secara signifikan pada kepuasan konsumen dengan angka signifikan 0,000 < 0,05. Adapun variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan konsumen dengan angka signifikan 0,494 > 0,05. Sedangkan variabel emosional dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan dibuktikan angka signifikansi F senilai 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Emosional, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Bisnis Kuliner
References
Agung Edy Wibowo, Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian, Yogyakarta: Gava Media, 2012.
Budi Hermawan, "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul", Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Vol. 4 No. 2, 2011.
Donald R. Cooper dan C. William Emory, Metode Penelitian Bisnis, terjemahan Ellen G. Sitompul dan Imam Nurmawan, Edisi 5 Cetaan 4, Jakarta: Erlangga, 1996.
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi II, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.
H. Irawan, Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo, 2008.
Hengky Latan dan Selva Temalagi, Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta, 2013.
Husein Umar, Research Methods in Finance and Banking, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
I. Khasanah dan O. D. Pertiwi, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang”, Jurnal Ilmiah Aset Vol. 12 No. 2, 2010.
Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19, Cet. Ke-5, Semarang: BP Undip, 2011.
__________, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 3, Semarang: BP Undip, 2010.
Lupiyoadi dan A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
M. Iqbal Hasan, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.
Made Virma Permana, “Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan”, Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 4 No. 2, 2013.
N. Gusni, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Angkutan PO. Lubuk Basung Express di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam”, Doctoral Dissertation, Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat, 2018.
Philip Kotler dan Gery Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jakarta: Erlangga, 2012.
R. Atmawati dan M. Wahyuddin, “Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Matahari Departement Store di Solo Grand Mall”, Dayasaing: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol. 5 No. 1, 2004.
R. Kusuma dan W. Suwitho, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional erhadap Kepuasan Pelanggan”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 4 No. 12, 2015.
Saifudin Anwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal MD agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).